Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Fly Over Pantoloan Rampung Akhir 2019

0 36

PALU EKSPRES, PALU – Pembangunan fly over atau jalan layang di Kelurahan Pantoloan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019 mendatang. Tahun ini pembangunan jalan penghubung antara pelabuhan dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Palu itu memasuki tahap pembebasan lahan.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu Ahmad Cahyadi, menyampaikan hal itu dihadapan Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Sulteng Hidayat Lamakarate, Senin (19/2) di ruang kerja Sekdaprov. Pembangunan Fly Over Pantoloan menurutnya adalah rencana pembangunan strategis yang dilaksanakan di Sulteng.

Pihak BPJN XIV Palu menurutnya sudah selesai menyusun feasibility study Plfly Over Pantoloan sesuai kontek kebutuhan aksesibilitas dan mobilitas yang memadai terutama antara KEK dan Pelabuhan Pantoloan guna meningkatkan kegiatan perekonomian wilayah.

Sehingga kata dia, pemerintah pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional sudah menyusun Dokumen rencana pelaksanaannya. Namun dengan harapan adanya dukungan Pemerintah Sulteng dan Kota Palu terkait tahapan rencana pembangunannya. Sebab jelas Cahyadi, tahun 2018 ini rencananya akan dilaksanakan pembebasan lahan dengan melibatkan tim apresial untuk menilai harga.

Dan tahun 2019 dilanjutka pembangunan FO Pantoloan dan direncanakan akhir tahun 2019 sudah dapat beroperasi dan digunakan.

Rapat tersebut juga dihadiri Asisten Pembangunan dan Perekonomian. Bunga Elim Somba. Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Syaifullah Djafar. Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XIV Palu. Asisten Pemerintahan Kota Palu dan Istansi terkait lainnya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng, Hidayat Lamakarate menyatakan rencana pembangunan fly Over Pantaloan sudah lama bergulir bahkan ketika dia menjabat pelaksana tugas tahun 2016 silam.

Sejauh ini kata dia, pemerintah pusat sudah menyetujui pelaksanaan pembangunan serta nggaran pembebasan lahannya.

Karenanya dia berharap Pemerintah Kota Palu dan jajarannya agar dapat membantu mensukseskan proses pembebasan lahannya. Serta terus berkoordinasi dengan pihak Balai Pelaksana jalan Nasional dan juga pihak Apresial yang ditunjuk karena anggarannya sudah siap tahun 2018 ini.

Gubernur ujar Hidayat sangat berharap proses rencana pembangunan fly over Pantoloan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan. “Kalau ada kendala agar dikomunikasikan langsung kepada kami Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah,”pungkasnya.

(humas/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.