Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Target Kepesertaan Pekerja Formal di Atas 50 Persen

0 9

PALU EKSPRES, PALU – Pada tahun ini BPJS Ketenagakerjaan menargetkan kepesertaan pekerja formal atau Tenaga Kerja Penerima Upah (TK PU) dapat mencapai angka di atas 50 persen. Sedangkan bagi kepesertaan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) ditargetkan dapat meningkat persentasinya menjadi dua digit angka.

“Sekarang dalam posisi mendekati 50 persen (untuk TK PU-red), dan yang BPU karena memang baru diwajibkan mulai Juli 2015, posisinya masih di bawah 10 persen, ini yang akan kita dorong. Targetnya, 2018 di atas 50 persen untuk PU, dan bisa sampai dua digit lah untuk BPU,” kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Enda Ilyas Lubis, kepada para wartawan, usai mengikuti Rapat Koordinasi Daerah Triwulan I BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi Maluku, di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa 13 Februari 2018.

Tahun 2018 katanya lagi, merupakan tahun yang penting bagi BPJS Ketenagakerjaan menuju roadmap keberhasilan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tahun 2018, disebutkan sebagai starting point yang sangat penting, bagi BPJS Ketenagakerjaan, untuk mencapai target 80 persen kepesertaan formal dan 15 persen kepesertaan sektor BPU, yang harus dilindungi pada tahun 2021 mendatang.

“Untuk itu, strategi kita adalah memberikan sosialisasi dengan masif, melayani peserta dengan baik, memberi kemudahan akses kepada para peserta, kemudian kita juga meningkatkan manfaat-manfaat pelayanan atau penjaminan,” jelasnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan juga sedang menyiapkan berbagai layanan mneuju era digital. Di antaranya mempermudah akses ke BPJS Ketenagakerjaan, serta melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan semua pihak, yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini dengan tujuan melindungi sebanyak-banyaknya pekerja, supaya kesejahteraannya mempunyai jaminan. Kalau terjadi apa-apa sudah ada penopangnya tidak segera jatuh dalam kesulitan ekonomi, dan hari tua sudah dipersiapkan dengan baik,” jelasnya lagi.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.