Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini 15 Parpol di Parimo yang Dinyatakan Memenuhi Syarat

0 23

PALU EKSPRES, PARIGI – Ketua KPU Parimo Amelia Idris mengatakan sebanyak 15 partai politik (Parpol) dinyatakan memenuhi syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pemilu 2019 setelah dilakukan verifikasi faktual (Vertual).

Keputusan tersebut diperkuat oleh hasil hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual parpol peserta Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh KPU setempat di salah satu cafe di Parigi.

“Jadi, ini sudah memenuhi ketentuan yang ada, setiap parpol menyerahkan KTP dan KTA ke KPU dan kemudian disesuaikan dengan jumlah sebelumnya yang deserahkan setiap pengurus pusat ke KPU RI melalui Sipol,”kata Amelia kepada Palu Ekspres, baru-baru ini.

Lanjut dia, proses verifikasi faktual Parpol tersebut sudah dilaksanakan sejak tanggal 3 Oktober 2017, serta pasca putusan Bawaslu bulan November 2017 terhadap empat parpol baru yakni, Perindo, PSI, Berkarya, dan Partai Garuda. Kemudian hasil verifikasi terhadap empat parpol itu telah memenuhi syarat (MS).

Dia menambahkan, sesuai ketentuan terkait persyaratan parpol harus seratus persen memenuhi syarat di 34 Provinsi, 75 persen memenuhi syarat di Kabupaten/Kota, setelah itu kemudian ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Iya misalnya hasil rekapitulasi tingkat Nasional terpenuhi maka parpol itulah yang akan ditetapkan sebagai peserta pemilu 2019. Jadi kita tinggal menunggu ketetapan dari KPU RI pada tanggal 16 Pebruari nanti tentang siapa akan menjadi peserta pemilu 2019,”pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.