Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Mencari Sosok Ideal Pengganti Basir Cyio, IKA Untad Gelar Seminar

0 28

PALU EKSPRES, PALU – Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tadulako (Untad) berencana menggelar seminar, yang akan membahas terkait figur yang dianggap ideal dalam memimpin Untad ke depannya, menggantikan Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio, yang memasuki setahun terakhir periode kepemimpinannya. Sebagai institusi intelektual, Untad tidak main-main mencari calon suksesor Muhamad Basir yang akan mengakhiri masa pengabdiannya tahun ini. Karena itu untuk mencari sosok ideal akan dibahas secara detail pada forum ilmiah seminar sehari.

Koordinator Presidium Pengurus Pusat IKA Untad, Dr. Muhd. Nur Sangadji menyebutkan, dalam seminar yang akan dilakukan dalam waktu dekat tersebut, IKA Untad akan menyampaikan pesan terkait Rektor yang berkualitas ke depannya.

“Ini juga yang dilakukan oleh UI (Universitas Indonesia), UGM (Universitas Gadjah Mada) dan kampus-kampus lainnya, bisa menjadi konsumsi terbuka untuk sebuah proses pemilihan. Karena, Universitas itu harus menjadi contoh bagi berlangsungnya rekayasa leadrship yang berkualitas,” jelasnya, saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/2).

Secara umum Nur Sangadji menggambarkan, figur ideal yang diinginkan tersebut, memiliki kapasitas wawasan global dengan jiwa nasionalis yang hebat. Selain itu, ia menekankan bahwa pemimpin Untad ke depannya juga minimal memiliki kapasitas atau kualitas yang setara dengan pemimpin saat ini.

“Kita ingin ke depan, satu kepemimpinan yang tentu saja paling tidak setara dengan yang sekarang. Kan pencapaian saat ini sudah luar biasa, kita mau yang maju nantinya bisa setara atau lebih hebat,” ujarnya.

Ia berharap, kepemimpinan yang memenuhi kriteria ideal tersebut dapat membawa gerbong pendidikan di kampus dapat berperan lebih baik ke depan, bagi pembangunan dan masyarakat. Selain itu, Nur Sangadji juga berharap hal tersebut dapat semakin mendorong peningkatan kualitas alumni Untad, sebagai cerminan keberhasilan proses akademis di sebuah kampus.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.