Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jelang Pilkada, Polri Bentuk Satgas Nusantara

0 17

PALU EKSPRES, PARIGI – Jelang Pilkada serentak di Indonesia, Mabes Polri membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nusantara untuk meminimalisir terjadinya isu-isu provokatif, khususnya pada Pilkada Parimo nantinya.

Hal itu diungkapkan Kapolres Parimo AKBP Sirajuddin Ramly kepada sejumlah media di salah satu Cafe di Parigi, Kamis (8/2/18).

Dia mengatakan, Satgas Nusantara ini bertujuan untuk meminimalisir Isu-isu provokatif yang berkembang di masyarakat.

Seperti isu sara dan lainnya agar tidak berkembang menjadi konflik sosial dalam pelaksanaan Pilkada serentak, dan juga dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan.

“Makanya, untuk di tingkat Polres Parimo kita membentuk Satgas Nusantara yang diketuai oleh Bapak Waka Polres, kemudian wakilnya kabag Ops,”ujarnya.

Kata Kapolres, dalam Satgas tersebut, pihaknya membentuk empat Kasubsatgas, yakni managemen sosial, menagemen media, kemitraan, serta penegakan hukum.

“Jadi, Subsatgas ini pendekatanya yakni, pendekatan yang sifatnya lebih halus, nah tadi itu ada subsatgas menagemen sosial, menagemen media, dan kemitraan, penegakan hukum, ya dari satgas ini meminimalisir pendekatan yang keras khususnya dalam penegakan hukum,”jelasnya.

Lanjut dia, Satgas Nusantara ini merupakan atensi dari Kapolri karena Kapolri tidak menginginkan Pilkada serentak ini ada gejolak dan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Konsekwensinya kalau terjadi konflik sosial ya, Kapolres sebagai penanggung jawab wilayah harus bertanggung jawab dan siap-siap untuk dilengserkan, dan itu memang perintah dari Bapak Kapolri,”ungkapnya.

Ia menambahkan, memang jabatan ini kata dia, hanya sementara dan suatu saat nanti ketika dianggap tidak berhasil dalam memimpin suatu wilayah, kemungkinan akan di copot dari jabatan tersebut.

“Iya memang kita ini tergantung satu lembar kertas saja, yaitu surat keputusan (SK), nah kalau itu sudah dicabut maka selesai kewenangan kita,”terangnya.

Ia berharap dan mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Parigi Moutong untuk tetap menahan diri dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas kebenaranya demi terciptanya keamanan daerah kita.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.