Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tahun Ini, Parimo Bakal dapat Bantuan untuk 60 KUBE

0 7

PALU EKSPRES, PARIGI – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Parimo Arman Maulana mengatakan, tahun ini Kementreian Sosial (Kemensos) RI kembali mengucurkan bantuannya ke Kabupaten Parigi Moutong melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin, pesisir, dan pulau-pulau kecil.

Tahun ini, bantuan yang dikucurkan oleh Kemensos RI kata dia, berupa kelompok usaha bersama (KUBE) sebanyak 60 kelompok, bedah Rumah sebanyak 150 unit, serta ditambah dengan sarana lingkungan empat titik. “Penerima bantuan KUBE sebanyak 600 Kepala Keluarga, yang dibagi dalam 60 kelompok,” kata Arman kepada Palu Ekspres belum lama ini.

Lanjut dia, kemungkinan penerima akan diarahkan ke peternakan ayam petelur dengan harapan hasilnya nanti dapat membantu ekonomi keluarga, serta bisa juga dikonsumsi untuk kebutuhan dan menambah gizi bagi keluarga tersebut.

Dia menjelaskan, satu kelompok KUBE diperkirakan akan mendapat bantuan senilai Rp20 juta. Dengan melihat jumlah itu berarti ada sekitar Rp1,2 Miliar dana bantuan yang akan diberikan di Parimo, dan bantuan itu akan ditransfer langsung ke rekening kelompok masing-masing.

Kemudian untuk bantuan bedah rumah tambahnya, akan dinilai dari beberapa sisi kelayakan yakni, lantai, dinding, serta atapnya yang diperuntukan bagi masyarakat yang tinggal tidak jauh dari pesisir pantai. Selain itu, ada sarana lingkungan empat titik berupa, sumber air, kamar mandi, dan WC.

Untuk penempatan bantuan itu katanya, sudah ditentukan dengan salah satu dasar yakni, basis data terpadu (BDT) dan terbanyak. Sedangkan BDT terbanyak yang ada di Parimo, berada di wilayah Kecamatan Tomini, Tinombo, dan Palasa. “Jadi, kalau kita ajukan yang tidak banyak BDT, maka kuota kita akan kecil dan jelas penanganannya akan lambat,”pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.