Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Raih Akreditasi B, FK Unisa Bertekad Terus Meningkat

0 14

PALU EKSPRES, PALU – Usai mendapatkan predikat akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia baru-baru ini, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, langsung menyusun langkah-langkah mempertahankan predikat tersebut, bahkan berupaya untuk meningkatkannya.

Rektor Unisa Palu, Dr. Hamdan Rampadio menyebutkan, langkah-langkah tersebut yang pertama adalah menjaga kualitas proses belajar mengajar, serta terus berupaya memenuhi kualifikasi dosen yang ada di Fakultas Kedokteran.

“Tugas kita saat ini adalah mempertahankan hasil yang diraih, karena mempertahankan ini tentu lebih sulit. Olehnya yang akan kita lakukan, pertama pertama adalah perawatan pada proses belajar mengajar, dan dosen yang ada kami upayakan benar-benar kualifikasinya terpenuhi,” jelas Hamdan, pada konferensi pers, di Fakultas Kedokteran Unisa Palu, Selasa (6/2).

Selanjutnya kata Hamdan, adalah berupaya menambah tenaga pengajar. Hal ini dilakukan, karena dengan meningkatnya predikat akreditasi menjadi B, maka FK Unisa sudah dapat meningkatkan jumlah mahasiswa baru yang diterima. Peningkatan jumlah mahasiswa ini, tentu akan berpengaruh pada kebutuhan jumlah dosen sesuai rasio yang ditetapkan.

“Dengan status B ini, kami bisa menambah jumlah mahasiswa yang diterima. Kalau dulu status C kami hanya bisa menerima 50 mahasiswa per tahun, sekarang sudah meningkat bahkan kalau mau diterima lebih dari 100 mahasiswa juga sudah boleh,” jelasnya lagi.

Langkah lainnya, lanjut Hamdan lagi, adalah peningkatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Ia mengungkapkan, saat ini terus berupaya mengejar pengadaan infrastruktur.
“Alhamdulillah, untuk sarana CBT (computer based test) kita saat ini sudah bagus, bahkan teman-teman dari Untad baru-baru ini mengikut ujian di sini. Nah, ini yang juga akan kita tingkatkan lagi ke depan,” ujarnya.

Predikat akreditasi B FK Unisa tersebut, diraih pada dua program studi (prodi) FK Unisa Palu, yakni prodi Pendidikan Dokter dan prodi Profesi Dokter. Hasil akreditasi tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan LAM-PTKes masing-masing nomor 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 untuk prodi Pendidikan Dokter, dan nomor 0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018 untuk prodi Profesi Dokter. Kedua prodi tersebut mampu mencapai nilai 307, pada 126 Item yang divisitasi oleh Tim dari LAM-PTKes.

Dekan FK Unisa, dr. Mukramin Amran, Sp.Rad. mengungkapkan, predikat yang diperoleh tersebut, merupakan hasil kerja sama yang baik, antara seluruh civitas akademika baik di fakultas maupun di universitas secara umum.

Ia menerangkan, secara dasar yang dinilai pada akreditasi tersebut adalah bagaimana kesesuaian kelangsungan pembelajaran yang ada di FK Unisa, sebagaimana yang diatur pada standar nasional yang diatur oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Tentunya ini merupakan usaha bersama seluruh civitas akademika baik di FK maupun Unisa secara umum. Di antaranya, dalam proses pembelajaran itu ada persyaratan-persyaratannya, mulai dari tim pengajarnya sendiri, kemudian sarana dan prasarana yang kami miliki, kami sudah penuhi sejak berdirinya FK ini,” tutur dr. Mukramin.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut, Wakil Rektor I Unisa, Dr. Ahsan Mardjudo, Wakil Rektor II Unisa, Dr. Mohammad Yasin, Wakil Dekan III FK Unisa, drg. Lutfiah, serta Ketua Prodi Pendidikan Dokter FK Unisa, dr. Ruslan Ramli.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.