Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hati-hati! Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Resiko Anda Kena Kanker Esofagus

0 3

PALU EKSPRES, JAKARTA – Mengkonsumsi beberapa jenis teh seperti teh hijau, teh putih atau pun teh biasa seringkali dikaitkan dengan beberapa manfaat sehat.

Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, kebiasaan yang satu ini justru dapat menjadi penyebab meningkatnya resiko kanker pada mereka yang gemar mengkonsumsinya.

Berdasarkan studi terbaru dari China ditemukan bahwa kebiasaan meminum teh, di atas dari 65 derajat Celcius dikaitkan dengan meningkatnya resiko kanker esofagus terlebih ketika mereka yang mengkonsumsinya adalah perokok atau peminum alkohol kelas berat.

Kendati demikian, para peneliti mengingatkan bahwa mereka yang tidak minum alkohol atau tidak merokok sama sekali juga menunjukan resiko yang tidak kalah tingginya.

Para peneliti China berpendapat bahwa adanya kaitan antara luka yang disebabkan oleh kebiasaan menyeruput minuman panas dengan terganggungnya lapisan tenggorokan yang salah satu fungsinya sebagai pelindung tubuh dari toksin yang berasalh dari alkohol dan rokok.

Namun perlu dicatat bahwa kabar ini tidak berarti Anda harus meninggalkan kebiasaan Anda tersebut. Selama dikonsumsi kurang dari 65 derajat Celsius, maka teh yang Anda minum tidak sama sekali menunjukan adanya potensi bahaya terhadap kesehatan.

Studi yang dipimpin oleh Dr. Jun Lv dari Peking University Health Science Center ini berdasarkan temuan mereka atas 456.155 penduduk China, baik wanita maupun pria, usia antara 30 hingga 79 tahun.

Temuan ini dirilis pada jurnal Annals of Internal Medicine.

(ruf/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.