Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jelang GMT Tarif Dokar Naik Hingga Rp250 Ribu

91

SAMBUT WISMAN – Dokar-dokar khas Kota Palu dipersiapkan sebagai transpotasi lokal bagi Wisman GMT selama berada di Kota Palu.

PALU,PE – Dokar dipastikan menjadi salahsatu alat transportasi yang akan mendapat keuntungan pada hari terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 di Kota Palu. Transportasi khas Kota Palu ini sengaja dipersiapkan bagi para wisatawan manca negara (wisman) selama berada  di Kota Palu. Hari H GMT nanti, puluhan dokar tersebut ditempatkan di sepanjang pantai teluk Palu.

Rencana itu sudah dimatangkan bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Palu. “Sudah ada puluhan pemilik dokar dari 10 komunitas yang menyatakan siap bekerja sama ditempatkan di sepanjang teluk Palu,” ungkap Sekretaris Disparekraf Kota Palu, Bambang, Senin 29 Februari 2016.

Dokar-dokar itu akan mengantar para  Wisman berkelililng melihat pemandangan sepanjang teluk Palu setelah menyaksikan GMT. Namun kata Bambang, antaran itu bukan diberikan gratis. Pemilik dokar sepakat mematok tarif sebesar Rp250.000 per sekali angkutan.

“Mereka akan meninggalkan pekerjaan hari itu. Makanya tarif yang mereka patok lebih besar dari pendapatan sehari-hari yaitu Rp100ribu. Kan ini juga momen yang jarang terjadi di Palu,”jelas Bambang. Sesuai jadwal, waktu antaran Wisman menggunakan dokar terjadi antara pukul 13.00 hingga 14.00 WITA. Jarak tempuh antaran menurut Bambang juga tidak terlalu jauh. Hanya megambil posisi star dari halaman TVRI Sulteng menuju lokasi penggaraman pantai Talise selanjutnya kembali ke halaman TVRI Sulteng. Format acara dan waktu tersebut sudah melalui penjadwalan antara Disparekraf Palu dan sejumlah hotel serta beberapa jasa travel yang digunakan Wisman.

“Hanya bolak balik TVRI –penggaraman. Itupun mungkin hanya dua sampai tiga orang Wisman setiap dokar. Jadi tidak terlalu memberatkan juga,”ujarnya. Keberadaan Wisman sendiri di Kota Palu sesuai jadwal yang ditetapkan bersama pihak Hotel yaitu pada tanggal 8 sampai dengan 9 Maret 2016. Pagi 9 Maret pukul 06.00 sampai dengan 06.30Wita, Wisman yang jumlahnya ratusan itu akan memulai agendanya di Desa Kota Pulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi untuk melakukan pengamatan.

Diperkirakan waktu pengamatan di Sigi terjadi sampai pada pukul  10.00 WITA dan dijadwalkan kembali ke masing-masing hotel pada pukul 12.00WITA. Selanjutnya pada pukul 13.00WITA, para Wisman berkumpul di halaman TVRI Sulteng untuk mengikuti kegiatan resmi pemerintah.  “jadi dokar-dokar ini mulai stand by di lokasi pada jam-jam  yang telah ditetapkan dalam jadwal,”pungkasnya.(mdi)

Komentar ditutup