Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kasus Satpam dan Siswa SMPN 3 Selesai Secara Kekeluargaan

0 8

PALU EKSPRES, PALU – Kasus tindakan fisik yang dilakukan petugas satpam SMP Negeri 3 Palu terhadap salah seorang siswanya beberapa waktu lalu, telah diselesaikan secara kekeluargaan. Hal ini diungkapkan Kepala SMPN 3 Palu, Wiji Slamat, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/1).

“Sudah diselesaikan secara kekeluargaan, dan prinsipnya sekarang tidak lagi ada masalah apa-apa. Satpam yang melakukan tindakan itu sudah meminta maaf dan keluarga juga memaafkan. dan kami sebagai penanggung jawab SMPN 3, mengingatkan kembali bahwa kita tidak senang dengan tindakan kekerasan,” ungkap Wiji.

Ia menuturkan, kejadian tersebut berawal dari salah seorang siswa yang mengeluarkan kata-kata kotor, yang oleh Satpam tersebut dinilai tidak senonoh. Siswa tersebut lalu berlari menjauh karena didatangi satpam. Setelahnya, siswa tersebut ditemui Satpam di kelasnya.

“Siswa itu ditemui di kelas lalu dipanggil, karena emosi sedikit ada tindakan shock terapi dari Pak Satpam. Setelahnya, siswa itu dibawa ke ruang BP, dan di ruangan itu ada sedikit tindakan lagi dari Satpamnya. Kemudian pihak keluarga mendatangi sekolah, dan masalahnya sudah diselesaikan secara kekeluargaan,” tutur Wiji.

Menanggapi kejadian ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi menyampaikan kepada Kepala Sekolah, untuk meningkatkan pengawasan baik terhadap peserta didiknya serta para tenaga kependidikan lainnya.

“Saya sudah sampaikan, tolong jangan ada lagi kejadian tindakan kekerasan di sekolah. Untuk siswa juga harus ditanamkan nilai-nilai iman dan takwa, serta nilai-nilai budaya dan adat, sehingga tidak seenaknya mengeluarkan kata-kata. Ini kan persoalan kata-kata yang tidak pantas ketemu dengan tindakan emosional,” kata Ansyar.

Ansyar mengaku menyesalkan kejadian tersebut, sehingga ia mengingatkan kepada pihak sekolah, baik SMPN 3 Palu maupun sekolah-sekolah lainnya, untuk lebih memperhatikan pembinaan kepada seluruh siswa dan tenaga kependidikan di sekolahnya masing-masing.

“Semua kita sesalkan lah, baik itu siswanya maupun satpamnya. Saya sampaikan ke Kepala Sekolah, untuk lebih melakukan pembinaan yang baik, kepada satpamnya ataupun kepada peserta didiknya,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.