Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DPRD Parimo Akan Pantau Kerja Sama Antara Pemda dengan IPB

0 8

PALU EKSPRES, PARIGI – Pemerintah Kabupaten Parimo tahun ini telah membangun kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) guna mengembangkan sektor pertanian sebagai upaya meningkatkan posisi daerah tersebut sebagai penghasil beras tertinggi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kerja sama tersebut terlihat pada workshop yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), untuk mengoptimalisasi Pertanian dalam arti yang luas dan berbasis pada sumberdaya yang berdaya saing.

Sekaitan hal itu, Ketua Komisi II DPRD Parimo yang menangani bidang Pertanian, I Made Yastina mengatakan, pada prinsipnya pihaknya sangat mendukung hal terebut. Sehingga harapannya ke depan, efektivitas pertanian itu lebih maksimal.

‘’Maksudnya memupuk itu bukan hanya sekedar memupuk saja tetapi harus tepat sasaran, karena semua yang namanya tanaman ini kan, harus sesuai dengan tanah, iklim dan banyak faktornya, faktor non teknis dapat diharapkan seperti secara teknologi karena hari ini orang masih manual semua,’’kata I Made Yastina kepada Palu Ekspres, Rabu (24/1 di Parigi.

Menurutnya, program kerjasama yang dibangun Pemerintah Daerah ini kata dia, sangat baik karena sangat membantu untuk meningkatkan hasil produksi dengan teknologi yang ada. Sehingga, perlakuan masyarakat untuk tanah pertanian itu tepat sasaran. Lanjut dia, untuk kerja sama di bidang pertanian ini, pihaknya sangat optimis. Karena Ia pernah melihat model MoU- nya itu, pertanian di-back up dengan tekhnologi. Sehingga pupuk yang diberikan itu sesuai dengan tanaman yang ada agar supaya hasilnya memuaskan bagi petani.

“Makanya, pupuk yang diberikan kepada petani itu harus berimbang sehingga perlakuan petani terhadap tanah dan tanamanya itu lebih maksimal,’’ujarnya. Ia menambahkan, pihaknya saat ini terus memantau dan mengikuti program tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program itu. Sebab program tersebut sangat penting bagi masyarakat petani yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

‘’Kita saja sendiri saat ini misalnya, yang kita tau orang memupuk, menyemprot itu kan sudah beraturan, sedangkan yang dulunya hanya meggunakan feeling dan kebiasaan, sehingga hal seperti itu sudah bisa didukung oleh tekhnologi dan ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidang itu, makanya tidak salah lagi kerjasama ini dibangun,’’pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.