Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Untad Siap Buka Program Pascasarjana Kesmas

0 250

PALU EKSPRES, PALU – Universitas Tadulako (Untad) akan segera membuka program studi Pascasarjana S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat (Kesmas). Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio menyebutkan, kedua prodi tersebut nantinya akan berjalan dengan sistem Distance Learning, bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Rencana kerjasama tersebut, sebagaimana dituturkan Rektor, telah dibangun sejak beberapa waktu lalu melalui diskusinya bersama Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, dalam beberapa kesempatan. Puncaknya, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) di Medan baru-baru ini, kedua pihak semakin serius mewujudkan rencana tersebut.

Bahkan, secara khusus kedua Rektor tersebut bertemu dan berdiskusi langsung, terkait rencana pembukaan prodi dan restu untuk permohonan izin, dengan Dirjen Kelembagaan dan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

“Di sela-sela kegiatan Rakernas, saya bersama Ibu Rektor Unhas berdiskusi langsung dengan Bapak Dirjen Kelembagaan dan Bapak Dirjen Belmawa. Bahkan, dalam kesempatan resmi, saya menyampaikan langsung niat kami di Untad, untuk menjalin kerjasama dengan Unhas untuk membuka Prodi S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat melalui program Distance Learning ini,” ujar Prof Basir, melalui rilisnya, Senin (22/1).

Keseriusan rencana tersebut, ditunjukkan dengan kunjungan Dekan FKM Unhas, Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, bersama Wakil Dekan I FKM Unhas, Dr. Ida Leida Maria, ke Untad pada Jumat 19 Januari 2018 lalu. Kunjungan pimpinan FKM Unhas itu diterima langsung oleh Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muh Basir Cyio, Direktur Program Pascasarjana Untad, Prof. Dr. H. Alam Anshary, para Wakil Rektor, Ketua Senat Untad, Ketua LPPMP, Ketua SPI, pimpinan FK Untad, dan pimpinan FKM Untad.

Pada kunjungan tersebut, pimpinan FKM Unhas, selain berdiskusi langsung terkait persiapan pembukaan prodi, juga diperlihatkan secara langsung fasilitas untuk mendukung sistem pembelajaran Distance Learning. Pihak Untad kata Prof. Basir, menyiapkan tiga tempat untuk mendukung pembelajaran itu, yakni di Gedung Program Pascasarjana, Ruang Video Conference UPT-TIK dan Conference Room Gedung IT Center Untad.

“Insyaallah kami siap untuk fasilitas pembelajaran itu. Niat ini kami upayakan, demi peningkatan SDM Tenaga Kesehatan di daerah kami ini. Tentunya ini juga berkat dukungan kerjasama dari Ibu Rektor Unhas, dan pimpinan FKM Unhas,” kata Prof Basir.

Sementara itu, Dekan FKM Unhas, Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli menyampaikan, dokumen pendukung terkait permohonan izin pembukaan prodi telah tersedia, baik dokumen dari Unhas maupun dari Untad.

“Kami bersama pimpinan FKM dan FK Untad, akan bekerja cepat mengurus dokumen utama dan pendukung ini. Tentu saja dengan dukungan penuh Ibu Rektor Unhas dan Bapak Rektor Untad. Mulai semester ganjil tahun akademik 2018/2019, Insyaallah kami akan membuka penerimaan mahasiswa S3 dan S2 Kesehatan Masyarakat, yang tempat kuliahnya di Kampus Untad melalui siste, Distance Learning,” tutur Andi.

(*/abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.