Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

BKKBN Sulteng Perkuat Kapasitas Kompetensi PKB-PLKB

0 8

PALU EKSPRES, PALU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kantor Perwakilan Sulteng terus memperkuat kapasitas kompetensi tenaga penyuluh keluarga berencana (PKB) dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB).

Ini dilakukan paska peralihan status kepegawaian tenaga fungsional PKB-PLBK kabupaten – kota menjadi pegawai BKKBN RI akhir tahun 2017 silam.

Peningkatan kompetensi salahstaunya dilakukan dengan menggelar pertemuan seluruh tenaga PKB-PLKB se Sulteng dalam kegiatan bertajuk peningkatan karakter dan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) lingkup BKKBN Sulteng, Jumat 19 Januari ampai dengan Minggu 22 Januari 2017 di Hotel The Sya Palu.

Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng, Abdullah Kemma menjelaskan, sesuai Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pengendalian penduduk dan KB merupakan urusan wajib pemerintahan yang tidak terkait dengan pelayanan dasar. Kewenangan itu menurutnya secara konkuren menjadi kewenangan pemerintah pusat, provinsi kabupaten -kota.

UU tersebut kata dia menegaskan empat sub urusan yang menjadi kewenangan bersama itu antara lain, bidang pengendalian penduduk, KB, keluarga sejahtera dan pengelolaan penyuluh KB-PLBK, standarisasi pelayanan KB serta sertifikasi tenaga penyuluh.

Karena itu sebut Abdullah Kemma dalam laporannya, untuk mendukung terwujudnya sasaran-sasaran rencana strategis BKKBN Sulteng tahun 2015-2019, kegiatan peningkatan kompetensi perlu dilakukan serentak seluruh tenaga PKB-PLBK.

“Kegiatan peningkatan kompetensi sekaligus untuk menyikapi perubahan lingkungan strategis paska peralihan tenaga PKB-PLBK ke pemerintah pusat,”jelasnya.

Beberapa hal penting yang menjadi tujuan peningkatan kompetensi sebutnya antara lain agar pengetahuan tentang pengelolaan program KKBPK penyuluh lebih meningkat.

Juga untuk meningkatkan kemaluan advokasi dan KIE dalam rangka penguatan program KKBPK pada stakeholder dan masyarakmat. Sikap positif dan pembentukan karakter penyuluh paska peralihan status.

“Secara umum kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman,sikap dan prilaku serta motivasi PKB-PLBK untuk mendukung pencapaian program KKBPK ditingkat lini lapangan,”pungkasnya.

Kegiatan peningkatan kompetensi ini diikuti sedikitnya 354 tenaga PKB-PLBK dari seluruh kabupaten-kota.13 kepala OPD dan 71 ASN lingkup BKKBN Sulteng.

Kegiatan peningkatan kompetensi dihadiri dan dibuka langsung Pelaksana tugas BKKBN RI, Sigit Priohutomo. Sigit selanjutnya menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.