Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tambah Banyak Warga Rusia yang Percaya Akhirat

0 6

PALU EKSPRES, MOSKOW – Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh pollen independen yang telah ditunjukkan oleh Levada Center menemukan bahwa saat ini empat dari 10 orang Rusia berpandangan bahwa hidup tidak berakhir dengan kematian.

Sebagai perbandingan, dalam survei yang sama tahun 2008 lalu, hanya sekitar sepertiga responden yang memiliki kepercayaan semacam itu. Sedangkan pada akhir 2017 jumlahnya melonjak menjadi 42 persen.

Dalam survei yang sama juga ditemukan bahwa warga Rusia semakin mengembangkan keyakinan bahwa kerabat almarhum mereka dapat mempengaruhi kehidupan orang-orang hidup.

Menurut Pusat Levada, jumlah orang yang percaya akan pengaruh tersembunyi dari keluarga mereka yang berpenyakit dalam kehidupan mereka meningkat 10 persen sejak 2008, tumbuh dari 28 menjadi 38 persen.

Survei tersebut menunjukkan bahwa orang-orang religius umumnya lebih cenderung percaya pada alam akhirat. Namun, bahkan orang-orang tak beragama saat ini juga mulai meyakini hal semacam itu.

Menurut Levada, 10 persen dari mereka yang mendefinisikan diri mereka sebagai atheis atau mengatakan bahwa mereka tidak mengikuti agama apapun juga percaya akan keberadaan surga dan neraka serta adanya mukjizat agama.

Dimuat Russia Today, jajak pendapat tersebut dilakukan oleh Levada Center pada pertengahan Desember dan melibatkan 1.600 orang dari 48 wilayah Rusia. Survei serupa dilakukan oleh lembaga tersebut pada tahun 2008 dan 1998.

(mel)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.