Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

RSUD Anuntaloko Parigi Naik Status

0 515

PALU EKSPRES, PARIGI – Bupati Parigi Moutong (Parimo) Samsurizal Tombolotutu menegaskan akan terus memberikan perhatian untuk meningkatkan pelayanan Rumahsakit Anuntalako.

“Ini yang akan menjadi perhatian saya nanti bagaimana meningkatkan pelayanan, supaya ada perbedaan bagaiman kita pada waktu di tipe C dan tipe B, yang jelas kita memuaskan orang yang di rujuk dari daerah lain,” kata Samsurizal saat ditemui usai kegiatan syukuran perubahan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anuntaloko Parigi, Senin (15/1).

Dia mengatakan, dengan perubahan status tersebut, tantangan bagi pihak Rumah Sakit dan juga Pemerintah Daerah (Pemda) akan semakin berat. Sebab, akan menjadi penilaian bagi pasien dari luar daerah.

‘’Pasti masyarakat dari daerah lain yang dirujuk ke sini akan membanding-bandingkan dengan Rumah Sakit yang ada di daerah mereka, tentunya kita tidak mau jika ada pasien yang dari luar daerah mengatakan bahwa Rumah Sakit kita kurang baik,’’ ujarnya.

Menurutnya, untuk dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat, pihak Rumah Sakit hanya berpatokan pada pembelajaran dengan sistem teori yang sudah mereka dapatkan. Akan tetapi harus disertai dengan turun dan melihat langsung di lapangan, sehingga diketahui seperti apa pelayanan yang bisa memberikan kepuasan kepada pasien serta keluarga pasien.

‘’Dari masing-masing bidang, dua atau tiga orang, akan diberangkatkan untuk belajar manajemen yang lebih bagus, karena kalau kita hanya belajar teori, mungkin sulit untuk kita terapkan, tapi kalau kita melihat langsung, itu biasanya langsung melekat dipikiran kita, sehingga lebih muda bagi kita untuk menerapkanya di Rumah Sakit ini,’’jelasnya.

Untuk hal studi banding kata dia, Ia lebih menyarankan kepada pihak RSUD Anuntaloko Parigi, untuk melakukannya ke Rumah Sakit yang ada di Makassar. Sebab di sana kata dia, pelayanannya sudah diakui oleh beberapa daerah lain yang menilai sangat baik soal pelayanan. Sehingga, pelayanan di RSUD Anuntaloko Parigi ini akan mengalami peningkatan.

Olehnya Ia berharap, kepada unsur pelayan dan juga pimpinan di RSUD Anuntaloko Parigi untuk memperbaiki menajemen, bila perlu pihak RSUD Anuntaloko Parigi melakukan studi banding ke kota-kota besar, yang pelayanannya sudah diakui oleh masyarakat di wilayah tersebut.

‘’Saya meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong dan juga kepada Kepala RSUD Anuntaloko Parigi agar segera mengkomunikasikan hal-hal yang sudah saya sampaikan tadi kepada Kepala Dinas Kesehatan yang ada di Provinsi, agar rujukan-rujukan regional dapat diaktifkan kembali,’’pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: