Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Saat Peresmian Kantor Baru Disperindag, Longki Beberkan PR Perekomian Sulteng

0 34

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengatakan saat ini ekonomi Sulteng tumbuh baik secara nasional. Meski begitu, ada tantangan yang harus dikerjakan, menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan.

“Tren pembangunan Sulteng dalam beberapa tahun terakhir berada di atas rata rata nasional. Hal ini menandakan betapa bergeliatnya pembangunan di daerah ini. Tapi pertumbuhan ekonomi kita ini masih tergantung pada sektor pertambangan,” kata Longki pada acara peresmian kantor baru Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Jalan Kartini Palu, Selasa (9/1).

Lanjut gubernur, walaupun komoditi tambang dan mineral sangat diminati pasar dan berharga tinggi, namun kalau terus diekploitasi tampa kontrol, sumber daya tersebut akan cepat habis. Padahal kata dia, mayoritas penduduk di daerah ini berprofesi di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan Kelautan serta jasa perdagangan.

“Hal ini menjadi bahan perhatian kita, menjadi PR kita agar upaya mengkonversi dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi kearah yang inklusif, merata dan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.Caranya, mendorong sel-sel ekonomi baru yang reversible,” jelasnya.

Selain itu, Longki mengharapkan kepada seluruh jajaran dinas Perindag, agar menyusun dengan baik Tim Inflasi Daerah, mempersiapkan strategi kolaboratif dalan hal pengendalian laju Inflasi. Caranya kata dia, menjaga ketersediaan stok barang khususnya kelompok volatile Foods (bahan makanan), menjaga kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok dan menjaga stabilitas harga.

(Humas Pemprov)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.