Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemerintah Siapkan 150 Beasiswa S2 dan S3 untuk Dosen ke LN

0 24

PALU EKSPRES, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan beasiswa bagi dosen untuk menempuh pendidikan master (S2) dan doktoral (S3) di luar negeri (LN).

Menurut Dirjen SDM Iptek dan Dikti Prof Ali Ghufron Mukti, tahun ini kuota yang disiapkan Kemenristekdikti sebanyak 150 orang.

“Tahun ini 150 dosen PTN baru yang akan mendapatkan beasiswa S2/S3 di luar negeri,” ujar Prof Ghufron di Jakarta, Jumat (5/1).

Para dosen yang akan mendapatkan beasiswa tersebut statusnya harus dari PTN baru. Saat ini ada 35 PTN baru yang terdaftar dan menjadi target Kemenristekdikti dalam program ini.

Mengenai persyaratannya, lanjut Ghufron, dilihat dari indeks prestasi komulatif (IPK) dan harus dosen PTN baru. Kemudian kemampuan bahasa Inggris.

Bagi dosen yang kemampuan berbahasa asingnya masih kurang, pemerintah memberikan penguatan berupa kursus. Kursus bahasanya dimulai sekitar Maret, April.

“Intinya pemerintah mendorong mutu dosen-dosen PTN baru meningkat. Itu sebabnya, kuota beasiswanya akan terus diperbanyak. Tahun ini 150 orang, tahun depan akan bertambah lagi,” tandasnya.

(esy/jpnn)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.