Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Korut-Korsel Berunding Pekan Depan, Bahas Apa?

0 25

PALU EKSPRES, SEOUL – Dua negara di Semenanjung Korea, Korea Utara dan Selatan, akan memulai babak baru dengan mengadakan perundingan pada pekan depan, tepatnya pada 9 Januari 2018.

Rencana perundingan ini dibeberkan kementerian unifikasi Korea Selatan, kemarin (Jumat, 5/1/2018).

“Korea Utara pagi ini mengirimkan pesan ke pihak kami, dengan mengatakan bahwa mereka menerima usulan Korea Selatan untuk melakukan perundingan pada 9 Januari,” kata seorang pejabat kementerian kepada AFP.

Pertemuan tersebut akan berlangsung di Panmunjom, desa gencatan senjata di Zona Demiliterisasi yang membagi Semenanjung Korea.

Agenda tersebut akan mencakup Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang serta isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama. Begitu kata jurubicara kementerian Baik Tae-hyun pada sebuah briefing reguler.

Pembaharuan tentatif terjadi setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memperingatkan dalam pidato Tahun Baru bahwa dia memiliki sebuah tombol nuklir di mejanya, namun pada saat yang sama menawari Seoul sebuah cabang zaitun, mengatakan bahwa Pyongyang dapat mengirim sebuah tim ke Olimpiade Musim Dingin bulan depan di selatan.

Seoul menanggapi dengan tawaran pembicaraan antara keduanya, dan awal minggu ini, hotline di antara mereka dipulihkan setelah dibekukan selama hampir dua tahun.

(chanelnewasia/fo/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.