Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Polsek Lampasio Amankan 20 Ton Batu Badar Emas

0 419

PALU EKSPRES, TOLITOLI – Jajaran Polsek Lampasio Kabupaten Tolitoli mengamankan batu badar emas sebanyak kurang lebih 20 Ton atau sekitar 3 truk, di Dusun Ogo Taring Desa Oyom kecamatan Lampasio, selasa (2/1).

Kapolsek Lampasio IPDA Iswanto dikonfirmasi Palu Ekspres, membenarkan batu yang disinyalir mengandung kadar emas, kadar karbon sebanyak 3 truk yang siap krim ke luar daerah.

“Iya, memang benar kemarin (2/1) kami amankan batu badar emas yang siap ekspor ke luar daerah,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, hari ini (Rabu) pemilik batu badar emas, Pamli dengan masyarakat setempat yang mengolah dan mengambil batu yang mengandung kadar emas itu akan diundang di Polsek. Jika tidak ada penyelesaian perkaranya akan di limpah ke Polres Tolitoli.

“Rencananya jam 11 wita (2/1) 2018, pemilik dan masyarakat pengolah kami undang, apakah tambang batu badar emas itu punya ijin atau tidak? dan yang pasti persoalan ini kami limpah ke Polres,” ujar Kapolsek.

Di tempat terpisah, tokoh Pemuda Desa Oyom, Marwan dikonfirmasi Palu Ekspres terkait batu badar emas yang diamankan Polsek Lampasio mengatakan, pihaknya sangat merespon jajaran Polsek yang sudah mengamankan batu yang mengandung kadar emas, pasalnya pemilik batu badar emas yang menyuruh masyarakat mengolah tidak memiliki ijin pertambangan, atau mengambil secara ilegal, parahnya lagi pengambilan batu tersebut masuk di kawasan hutan lindung.

“Ini jadi persoalan, selain tidak punya ijin, pengambilan batu badar emas di kawasan hutan lindung,” Jelas Marwan.

Ia, menjelaskan batu badar emas sebanyak 200 karung lebih atau sekitar 20 ton yang siap kirim diamankan Polsek tersebut didisinyalir ada kandungan emasnya, karena mustahil pemilik batu tersebut menyuruh masyarak mengambil dengan jumlah yang banyak kalau hanya di gunakan untuk membuat batu cincin.” Mustahil lah batu badar emas sebanyak 20 ton hanya untuk di buatkan batu cincin, kami menduga batu tersebut ada kandungan emasnya,” jelasnya.

(Mg6/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.