10 Alasan Chatbot Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

  • Bagikan
Layanan Chatbot WhatsApp untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (ilustrasi)

FAJAR.CO.ID -- Banyaknya pertanyaan dan keluhan pelanggan seringkali membuat tim customer service kewalahan menghadapinya. Akibatnya, performa layanan pelanggan pun menjadi tidak maksimal dan banyak pelanggan yang kecewa. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin pelanggan akan lari dan berpaling dari bisnis Anda. Lalu, apa solusinya?

Memberikan layanan pelanggan yang cepat, tepat, dan nyaman untuk pelanggan adalah solusinya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat bantuan pendukung layanan pelanggan seperti Chatbot WhatsApp, sistem otomatis berbasis AI (Artificial Intelligence) yang digunakan untuk melibatkan audiens dan pelanggan di WhatsApp.

Berikut adalah 10 alasan mengapa Anda perlu menggunakan Chatbot WhatsApp pada bisnis Anda.

1. Merespons pelanggan dengan segera

Bot WhatsApp dapat memberikan respons terhadap pesan pelanggan dalam hitungan detik. Artinya, pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan respons atas pertanyaan atau permintaan mereka.

2. Tersedia selama 24/7

Tidak seperti manusia yang memiliki jam kerja dan butuh istirahat, bot dapat bekerja sepanjang waktu. Ini karena bot dapat melayani pelanggan selama 24/7 penuh di berbagai saluran komunikasi yang pelanggan gunakan. Pelanggan Anda dapat bertanya atau menghubungi Anda kapanpun mereka mau.

3. Menangani pelanggan melalui platform yang familiar

Dengan menggunakan Bot yang terintegrasi dengan WhatsApp, Anda dapat melayani pelanggan di platform yang paling familiar dengan pelanggan Anda, yakni WhatsApp itu sendiri. Jadi, pelanggan tidak akan menjadi lebih nyaman untuk menghubungi bisnis Anda.

4. Menyelesaikan masalah lebih cepat

Chatbot WhatsApp mampu menyelesaikan permintaan dan masalah pelanggan dengan cepat melalui percakapan yang interaktif. Selain itu, Chatbot juga dapat digunakan mengotomasi setiap pesan, sehingga tim bisa fokus pada kasus yang lebih penting.

5. Menghemat waktu pelanggan

Karena tersedia setiap saat, pelanggan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh tanggapan. Artinya, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu pelanggan.

6. Meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan

Respon yang tepat dan cepat tentu dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan Anda. Hal ini juga dapat meraih kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

7. Menghemat biaya operasional

Tidak hanya pelanggan yang memperoleh manfaat dari Bot, bisnis juga dapat memperolehnya. Dengan menggunakan Bot, Anda dapat menekan biaya pengeluaran. Salah satunya adalah tidak perlu merekrut banyak agen customer service dalam melayani pelanggan.

8. Meningkatkan jumlah penjualan

Dengan semua peningkatan serta efisiensi dalam melayani pelanggan, Anda dapat memperoleh peningkatan penjualan. Semakin pelanggan nyaman berbelanja di toko online Anda, semakin mereka akan loyal pada bisnis Anda.

9. Mengoptimalkan produktivitas dan kinerja tim

Anda dapat mengoptimalkan produktivitas tim dengan jawaban otomatis yang menghemat waktu. Selain itu, Chatbot juga memiliki sistem routing tingkat lanjut yang otomatis membagikan pesan ke agen yang bertugas.

10. Mendukung lead conversion

Penggunaan Chatbot dapat membantu Anda untuk menjangkau pengunjung secara proaktif menggunakan pesan otomatis dari chatbot yang dipersonalisasi. Kemudian, Anda dapat memperoleh konversi dari setiap pengunjung yang datang ke website Anda.

Itu dia 10 alasan mengapa Chatbot dapat meningkatkan keuntungan bisnis. Namun, untuk dapat memperoleh keuntungan di atas, Anda perlu memilih penyedia Chatbot yang tepat. Salah satunya Chatbot WhatsApp dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan Chatbot terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat layanan pelanggan dan penjualan bisnis Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan pelayanan bisnis Anda dengan efektif bersama Mekari Qontak sekarang juga!

Anda dapat menghubungi tim Mekari Qontak atau mengunjungi qontak.com untuk informasi selengkapnya. (*)

  • Bagikan