Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan, KPU Sigi Undang Pimpinan Parpol

  • Bagikan

PALUEKSPRES, SIGI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi mengundang 24 pimpinan partai politik (Parpol) atau penghubung parpol sehari sebelum memasuki tahap verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.
Setiap parpol mengirimkan masing-masing dua perwakilannya untuk mengikuti sosialisasi yang dikemas dalam bentuk rapat koordinasi Verifikasi Administrasi Perbaikan Keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Rumah Makan Nagaya Desa Kotapulu, Kabupaten Sigi, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: DPB Periode Juli 2021, KPU Sigi Tetapkan 173.633 Pemilih
Rakor yang dibuka oleh Plh. Ketua KPU Sigi Khaeril dan dihadiri anggota Bawaslu Sigi tersebut, dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama mulai pukul 10.00 Wita hingga jelang salat Jumat.
Sebelum sesi pertama dilaksanakan, Plh. Ketua KPU Sigi Haeril saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan rakor menyampaikan verifikasi administrasi perbaikan adalah salah satu rangkaian tahapan verifikasi partai politik untuk menentukan nantinya partai politik yang mana saja yang akan menjadi peserta pemilu 2024.

Sebagai informasi, dari 24 partai politik, itu hanya ada 23 partai partai politik yang memasukkan administrasi berkas perbaikan. Berkas perbaikan ini akan diverifikasi oleh KPU Sigi sesuai jadwal tahapan mulai besok, Sabtu (1/10/2022).
“Yang kami akan kerjakan sesuai dengan jadwal tahapan, itu mulai besok, Sabtu, 1 Oktober 2022,” kata Plh Ketua KPU Sigi Khaeril yang juga menjabat Divisi Teknis KPU Sigi.
Setelah tahapan adminsitrasi perbaikan keanggota Parpol calon peserta pemilu lanjutnya, selanjutnya masuk ketahapan verifikasi faktual. Namun, ada sembilan parpol yang memenuhi ambang batas parlemen 4 persen ketika dia sudah dinyatakan lolos administrasi, maka tidak masuk lagi tahapan verifikasi faktual. Kecuali bagi partai politik peserta pemilu 2019 yang tidak mencapai ambang batas perlemen 4 persen atau tidak memiliki kursi di DPR RI, ditambah dengan partai baru, semuanya itu harus mengikuti verifikasi faktual. Dengan catatan, parpol tersebut terlebih dahulu sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi perbaikan.
Ia mengakui, setiap pihak yang hadir di kegiatan ini masing-masing memiliki tujuan, namun pada akhirnya tujuan kita adalah sama, menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.
Usai pembukaan secara resmi oleh Plh Ketua KPU Sigi, empat komisioner KPU Sigi yang hadir pada rakor yang dipandu oleh Kasubag Teknis dan Hupmas Masdar, secara bergantian memaparkan materinya sesuai divisinya masing-masing. Pemaparan materi diawali oleh Anhar Lasingki S.Pd (Divisi Sosialiasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat). Kemudian, Hairil SH (Divisi Teknis dan Penyelenggaran Pemilu), Nuzul TH Lapali SH (Divis Hukum), dan terakhir, Rosnawati SKM, MAP (Divis Perencanaan Data dan Informasi).
Selanjutnya, sesi II dilaksanakan usai salat Jumat hingga sore hari. (bid/paluekspres)

  • Bagikan