Pak Guru Terlibat 10 Kasus Pembunuhan di Poso, Parimo dan Sigi

  • Bagikan

PALUEKSPRES, PALU– Pak Guru alias Askar alias Jaid terlibat 10 kasus pembunuhan rakyat sipil di Poso, Parigi Moutong (Parimo) dan Sigi dalam kurun waktu 2014-2021.
DPO teroris Poso itu ditembak oleh Tim Sogili Satgas Madago Raya di area perkebunan rakyat, KM 13, Kawende, Poso Pesisir Utara, Poso, Kamis (29/9/2022) sekitar pukul 18.30 WITA.

Adapun PJKO Madago Raya, Irjen Pol Rudy Sufahriadi memastikan DPO teroris yang tertembak di Poso adalah Askar alias Pak Guru.

Baca juga: Masih Ada Simpatisan Suplai Makanan ke DPO Teroris Poso

Jumat (30/9/2022), usai memantau langsung proses otopsi jenazah di RS Bhayangkara, Rudy memastikan teroris yang tewas adalah Pak Guru. 

“Jadi kita memastikan ini adalah Askar alias Pak Guru, DPO yang kita cari. Saat tertembak, ditemukan dengan sangkur dan pistol serta ada bom lontong,” jelas mantan Kapolda Jabar ini.

Ini 10 kasus keterlibatan  Pak Guru pada pembunuhan rakyat sipil;

Terlibat pembunuhan di Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong pada 3 Agustus 2017. Korban atas nama Simon Suju.

Terlibat pembunuhan di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, 30 Desember 2018. Korban atas nama Ronal Batau alias Anang.

Pembunuhan di Pegunungan Penghulu Kanan, Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, 23 Mei 2019, korban atas nama Njue.

Pembunuhan di Pegunungan Batu Tiga, Desa Tindaki, Kecamatan Parigi Selatan, Kabu[aten Parigi Moutong 25 Juli 2019. Korban atas nama Tamar dan Patte.

Pembunuhan di perkebunan Dusun Sipatuo, Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso 7 April 2020. Korban atas nama Rattapo alias Daeng Tapo.

Pembunuhan di Pegunungan KM 9, Desa Kawende, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, 19 April 2020. Korban atas nama Ambo Ajeng alias Papa Angga.

Pembunuhan di perkebunan Tahiti, Desa Sangginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, 9 Agustus 2020. Korban atas nama Agus Balumba alias Papa Sela.

Pembunuhan di Jalan trans Poso Napu, Desa Maholo, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, 14 Agustus 2020. Korban atas nama Eliyas Lapulalang.

Pembunuhan dan pembakaran di Dusun V Trans Lewonu, Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, 27 November 2020. Korban 4 orang atas nama Nakka, Ferdy alias Pedi, Pinu, dan Yasa.

Pembunuhan di Pegunungan Patiroa, Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, 11 Mei 2021. Korban 4 orang atas nama Lukas Lese Puyu, Paulus Papa Simson, Susa, dan Marten Solong.

Diburu sejak 2014

Kelompok Mujahiddin Indonesia Timur diburu sejak 2014. Lebih dari 40 orang DPO teroris tertembak, ditangkap, maupun masih ditahan.

Terakhir Askar alias Pak Guru alias Jaid alias Hamzah terhenti langkahnya diterjang peluru Satgas Madago Raya.

Sementara, dari laporan intelijen diketahui lelaki bernama asli Alikhwarisman itu, terlahir Kamis (3/11/1988). Ia anak pertama dari empat bersaudara. Keluarganya sudah lama bermukim di Dumu, Langgudu, Bima, Nusa Tenggara Barat. Ia kemudian menetap di Dompu. Sejak 2012/, ia aktif di Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) setempat.

Pada November 2014, Pak Guru datang ke Poso memenuhi undangan Santoso alias Waluyo alias Abu Wardah untuk menjadi pelatih asykari. Ia melatih asykari di wilayah Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir Utara. ***

  • Bagikan