719 Petugas Lapangan Untuk Data Regsosek

  • Bagikan

PALUEKSPRES, PARIMO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pencatatan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

Kepala BPS Kabupaten Parigi Moutong, Simon Antolis, SSi, MM, mengatakan regsosek merupakan sistem dan basis data seluruh penduduk.

Terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan.

Menurut Simon, BPS akan memulai pelaksanaan regsosek pada 15 Oktober sampai 14 November 2022.
Melibatkan sebanyak 719 petugas pendataan. Dengan rincian, petugas pendataan lapangan (PPL) atau mitra BPS sebanyak 548 orang.

“Kemudian, petugas pemeriksaan lapangan (PML) 146 orang, dan Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) 21 orang, dan penunjuk jalan dari Ketua RT sebanyak 4 orang.” kata Simon di Parigi, Jumat (23/9/2022).

Sementara itu, Wakil  Bupati Parimo, Badrun Nggai mengatakan, regsosek merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial. Konsepnya telah dirancang Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sejak tahun 2020.

“Pemerintah merasakan bahwa, pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. Bantuan sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial, maka harus kita salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” ujarnya wabub saat memberi sambutan pada Rakor (Regsosek), Kamis 22 September 2022,

wabub menjelaskan, regsosek merupakan pendataan kepada seluruh penduduk yang mencakup profil, dan kondisi ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial.

Sehingga, informasi yang komprehensif ini memungkinkan regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ke tepatan sasaran program-program pemerintah.

Untuk mendukung pendataan awal Regsosek di Parigi Moutong tahun 2022, dia menekankan kepada seluruh stakeholder terkait mendukung kegiatan tersebut demi kelancaran pendataan.

“Sekaitan dengan itu, maka saya harap seluruh stakeholder untuk berperan aktif sesuai peranya masing-masing,” ujarnya. (asw/PaluEkspres)

  • Bagikan