Bawaslu: Proses Rekruitmen Panwascam Lebih Mudah

  • Bagikan

PALUEKSPRES, Parigi Moutong – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Muchlis Aswad sebut ada perbedaan rekrutmen anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) periode sebelumnya dengan periode saat ini.

Perbedaanya kata Muchlis, pada rekrutmen periode sebelumnya seluruh mereka yang mengikuti Computer Assisted Test (CAT) atau ikut proses tes tulis otomatis akan masuk tahapan wawancara.

“Tapi kalau rekrutmen saat ini setiap jenjang digunakan sistem gugur jika proses administrasi tidak lolos, sehingga menurut kami ini prosesnya lebih mudah dari sebelumnya,” ujar Muchlis di Parigi, Rabu (21/9/2022).

Sehingga, pada tes tulis mereka tidak lolos maka yang bersangkutan tidak akan berlanjut ke tahap wawancara.” Dan pada tes wawancara ini hanya kami butuh dua kali masa kebutuhan atau 6 orang per kecamatan,” jelasnya.

Selanjutnya, mulai hari ini 21-27 September 2022, Bawaslu kata dia, mulai melakukan penerimaan berkas bagi pendaftar.” Jadi sejak pagi tadi hingga saat ini jumlah pendaftar sudah 14 orang,” ujarnya.

Namun, ada lima dari mereka berkasnya belum bisa diterima karena dinilai berkasnya masih belum lengkap.” Dan batas waktu untuk penerimaan berkas sampai 27 September 2022,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk Kabupaten Parigi Moutong, pihaknya merekrut sebanyak 69 anggota Panwascam. Namun, telah dipersyaratkan juga untuk hal Bawaslu harus merekrut dua kali masa kebutuhan minimal.

“Jadi jika lebih, itu lebih baik. Sehingga, ketika sampai pada batas akhir pendaftaran ternyata jumlah pendaftar masih kurang dari 6 orang, maka kami akan lakukan perpanjangan waktu,” jelasnya.

Begitupun halnya, ketika waktu telah ditentukan ternyata syarat untuk keterwakilan perempuan belum terpenuhi, maka pihaknya akan kembali malakukan perpanjangan waktu pendaftaran untuk mengisi kecamatan yang pendaftarnya kurang dari 6 orang. (asw)

  • Bagikan