Pengelolaan Keuangan Desa Bambalemo Dinilai Buruk, Adrudin:  Pengelola Keuangannya akan Diperiksa

  • Bagikan

Parigi Moutong, PALUEKSPRES – Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Adrudin Nur menilai pengelolaan keuangan Desa Bambalemo Kecamatan Parigi masuk dalam kategori buruk setelah dievaluasi.

“Dalam pemeriksaan nanti, semua yang terlibat mengelola keuangan akan diperiksa tanpa terkecuali, baik kepala desa, sekretaris desa dan kaur pun diperiksa,” ungkap Adrudin di Parigi, Kamis (24/6/2022).

Menurut Adrudin, saat ini pihaknya telah mengeluarkan surat tugas kepada tim untuk melakukan pemeriksaan dan investigasi terhadap pengelolaan keuangan di desa Bambalemo.

“Intinya, kalau dia terlibat dalam pengelolaan uang desa, tetap kami periksa,” tegas mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo itu.

Kata dia, dari 99 desa yang dievaluasi oleh Inspektorat, desa Bambalemo masuk dalam salah satu penilaian buruk. Hal tersebut menyebabkan desa Bambalemo masuk dalam sistem pemeriksaan khusus (Pemsus). 

Mengenai berapa lama waktu dibutuhkan oleh tim dalam investigasi nantinya, pihaknya belum bisa memastikan.

“Pastinya akan kami upayakan secepatnya melakukan pemeriksaan terhadap desa Bambalemo,” sebut dia.

Adanya insiden penyegelan kantor desa beberpa waktu lalu tambahnya, menandakan bahwa desa tersebut mempunyai permasalahan yang berat.

“Saya juga akan tanyakan ke tim pemeriksa, khusus yang menangani desa Bambalemo,”  kata dia.

Sebelumnya, puluhan masyarakat mendatangi kantor desa Bambalemo, dengan memasang spanduk bertuliskan “Kantor Desa ini Disegel”.

Aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan masyarakat setempat terhadap mantan kepala desa Bambalemo, yang selama menjabat tidak transparan dalam mengelola keuangan desa. (asw)

  • Bagikan