BPN Parigi Moutong Serahkan 75 Sertifikat di Desa Tada Selatan

  • Bagikan

Parigi Moutong, PALUEKSPRES – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, telah melakukan penyerahan sebanyak 75 sertifikat di Desa Tada Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan.

Demikian dikatakan, Indra Abd Karim, S.H, Kepala Subbagian Tata Usaha, BPN Parigi Moutong di Parigi, Kamis (24/6/2022).

Sebagai salah satu program strategis nasional, kata Indra, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022 di Kabupaten Parigi Moutong, telah dikenal oleh masyarakat. Namun, tetap diperlukan upaya sistematis agar tidak hanya dikenal, tetapi juga dapat dipahami oleh masyarakat.

Menurutnya, PTSL tahun 2022 di Kantor BPN Parigi Moutong, telah mencapai 16 persen dari target peta bidang tanah sejumlah 3.200 bidang. Sertifikat hak atas tanah (SHAT) sudah mencapai 3.300 bidang. Dimana, masing-masing persentase pencapaian sebesar 29 persen dan 2 persen.

“Yang mana telah dilakukan penyerahan sebanyak 75 sertifikat di desa Tada Selatan.” ujarnya.

Dengan target loksi di empat desa, yakni Desa Oncone Raya, Sinei, Sigenti Selatan, dan desa Tada Selatan.

Sementara, Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan, Darman, A. Ptnh, menyebutkan redistribusi tanah tahun 2022 di Kabupaten Parigi Moutong telah mencapai 42 persen dari target 4.000 bidang. Sedangkan realisasi pemetaan telah tercapai sejumlah 176 bidang.

Kemudian, realisasi inventarisasi sebanyak 1.670 berkas. Dengan target sebanyak 17 desa, yakni Desa Sausu Auma, Tanalanto, Torue, Tolole, Laemanta Utara, Tinombo, Silabia, Supilopong

Kemudian, Desa Ogotumubu Barat, Lembah Bomban, Wana Mukti Utara, Ogotion, Malakosa, Tumpapa Indah, Palapi, Bilalea, Tomoli, Toribulu, Pinotu, Ongka Trimuspasari, Lado, Sipayo, Bondoyong, Sintuvu Raya, dan desa Lambunu Timur. (asw)

  • Bagikan