Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Melalui KEK, Perusahaan China Ekspor Perdana Getah Pinus Sulteng

0 46

PALU EKSPRES, PALU – Sekretaris Deerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur dalam acara lounching expor perdana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu oleh PT. Hong Thai Internasional di Pelabuhan Pantoloan Palu, Kamis (28/12).

Pada Kesempatan Itu Hidayat didampingi Kepala BPMD dan PTSP Sulawesi Tengah, Sandra Tobondo, Karo Humas dan Protokol Ridwan Mumu. Sementara Walikota Palu Didampingi Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said, Direktur Investasi dan Kerjasama PT. Bangun Palu Sulteng, Agus Lamakarate dan beberapa OPD Sulawesi Tengah dan Kota Palu .

Pada Kesempatan itu, Direktur Bidang Investasi Bangun Palu Sulteng Agus Lamakarate dalam aambutannya menyampaikan bahwa saat ini, KEK Palu sudah menunjukkan perkembangan yang telah membanggakan. Sebab saat ini di KEK Palu sudah ada 11 Investor yang melakukan Investasi . Satu Investor dalam proses kontruksi, satu investor dalam proses produksi yaitu PT. Beton Jaya Abadi, dan juga saat ini sudah tahap ekspor, yakni PT. Hong Thai Internasional yang mengolah Getah Pinus.

Selanjutnya Agus menyampaikan bahwa dengan kunjungan gubernur dan walikota Palu ke Korea dan Cina beberapa waktu lalu, sudah banyak yang berminat untuk berinvestasi di KEK Palu. Salah satunya PT. Tenggo Indonesian yang melakukan pengolahan industri rotan.

“Untuk itu diharapkan kiranya PT Pelindo dapat mempersiapkan lokasi khusus untuk terminal khusus batu bara untuk memenuhi kebutuhan di KEK,” kata Agus.

Saat ini kata Agus, PT Hong Thai Internasional sudah dapat melakukan ekpor perdana produk pengolahan getah pinus sebanyak 22 container atau 237 ton. Ini akan dikirim ke Huangfu China sebagai bahan baku industri.

Semenatara itu, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, mewakili Walikota Palu menyampaikan apresiasinya kepada PT. Hong Thai Internasional yang telah melakukan ekpor perdana terhadap hasil pengolahan getah pinus.

Sigit mengaku yakin bahwa dengan dilakukannya ekpor perdana melalui Pelabuhan Pantoloan, pasti kedepannya PT. Hong Thai Internasional akan lebih sukses.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Tengahyang mewakili Gubernur menyampaikan, apresiasi dan penghargaan kepada pengelola KEK yang telah bekerja sesuai dengan harapan. Demikian juga penghargaan kepada PT. Hong Thai Internasional yang telah dapat melakukan ekpor.

Menurutnya, getah pinus ini telah memberikan dampak ekonomi terhadap peningkatan kesejahtraan masyarakat Sulawesi Tengah yang berada di beberapa daerah seperti Banggai, Poso, Sigi dan Morowali.

Ia juga berharap, PT Hong Thai melakukan edukasi terhadap masyarakat dalam proses pengambilan awal geta pinus. Sebab saat ini banyak yang salah dari apa yang telah dilakukan masyarakat.

(Humas Pemrov)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.