Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Alhamdulillah, Empat Pendaki yang Tersesat di Gunung Sidole Berhasil Turun dengan Selamat

0 105

PALU EKSPRES, PARIGI – Empat penadki yang tersesat di jalur pendakian Gunung Sidole pada Sabtu (23/12) lalu kini berada di Kayumalue Kecamatan Palu Utara.

Mereka berhasil turun dengan selamat melalui jalur lintas tembus di wilayah Pantai Barat Kabupaten Donggala siang tadi, Kamis (28/12) sekira pukul 12.00 WITA.

Dari Toaya, mereka langsung menuju ke Kayumalue, di rumah keluara Rocki, yang merupakan ketua timpendaki.

Melalu sambungan telepon, Novia, keluarga Edo salah satu pendaki, membenarkan kalau mereka telah berada di Kayumalue dan akan kembali ke Parigi malam ini. Belum diketahui bagaiman para pendaki berhasil turun dari jalur pendakian.

Sebelumnya diberitakan, para pendaki melakukan pendakian menuju Gungung Sidole mengambil titik star di Desa Aloo Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (23/12). Dalam perjalanan, satu di antara pendaki memutuskan untuk turun lebih awal. Namanya Rian asal Biromaru Kabupaten Sigi.

Melalui Rian, kabar tentang emapt pendaki yang kini tersesat diketahui. Aparat Desa Aloo terus menghubungi kontak para pendaki. Komunikasi sempat tersambung. Pada Senin (25/12), seorang pendaki yang tersesat, Edwar Risaldy sempat menghubungi pihak keluarganya di Desa Pelawa Baru dan mengatakan kondisi mereka yang kekurangan logistik. Komunikasi dilakukan hingga malam Selasa.

Menurut keterangan Rian, para pendaki yang kehilangan jejak sempat bertemu warga pencari rotan dan bertanya tentang jalur. “Kata perotan kalau kembali ke Aloo akan memakan waktu tiga hari. Sedangkan kalau menuju Desa Toaya Kecamatan Sindue di bagian Pantai Barat, hanya dua hari jarak tempuh normal,” kata Rian.

Satu di antara para survivor mengalami cidera bengkak pada kakinya. Informasi ini disebutkan Rian.

Adapun para pendaki yang melakukan kegiatan tersebut yakni:
1. Rocki (Leader), dari Organisasi Laskar Puncak Desa Aloo Kecamatan Ampibabo
2. Edwar Risaldy, dari Organisasi KPG Tirta Kamonji Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Utara
3. Moh. Alfan. (non Organisasi), dari Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Utara
4. Riswan asal Desa Petapa Kecamatan Parigi Utara. Dahulu wara Sienjo.
5. Rian dari Biromaru Kabupaten Sigi.

(MS/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.