Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kapolres Minta Kadishub Tertibkan Juru Parkir

173

PIMPIN RAKOR; Kapolres Palu, AKBP Basya Radya Ananda bersama  Dandim 1306 Donggala, Letkol Kav I Gede Masa. (MUHAMMAD ARSYANDI)

300 Personel Polres Diterjunkan untuk Pengamanan GMT
PALU,PE-Menjelang  fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret nanti, pemerintah dan aparat keamanan mulai siaga keamanan dan ketertiban. Salah satunya menjamin keamanan dan kenyamanan para wisawatan yang berkunjung ke Kota Palu. Kapolres Palu, AKBP Basya Radya Nanda SIK, memastikan sekitar 300 personel akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan menjelang dan pada puncak hari H-nya.
Itu diungkapkannya dalam rapat koordinasi pengamanan jelang GMT bersama pemkot dan seluruh stakeholder, Selasa 2 Februari 2016.

Rapat tersebut dilangsungkan di aula, Rupatama Polres Palu. Salah satu hal penting yang ditekankan Kapolres dalam rapat tersebut adalah penertiban juru parkir. Para juru parkir ini dikhawatirkan dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para wisatawan bila tidak dikelola dengan baik.  Ini terkait  maraknya juru parkir ilegal yang berkeliaran dan melakukan pungutan tarif parkir tidak sesuai tarif yang ditentukan perda.

“Ini bisa mengganggu kenyamanan wisatawan kalau tidak ditertibkan,” ujarnya. Olehnya, Kapolres mengimbau kepada Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu, agar segera mendata juru-juru parkir yang ada.  Pendataan itu kata Kapolres  untuk memastikan jumlah juru parkir yang terdaftar dalam data resmi Dishub. Sehingga mudah ditertibkan.
Bagi, yang tidak terdata dalam data juru parkir resmi akan ditertibkan.

““Kami mengimbau kepada Dishub (Dinas Perhubungan) Palu agar segera mendata juru-juru parkirnya berdasarkan data yang ada di kelurahan. Kami akan tindak tegas juru parkir abal-abal yang tidak terdata,” ujarnya.
Kapolres pun meminta agar para juru parkir itu dilengkapi dengan tanda pengenal. Seperti rompi dan kartu keanggotaan. “Juru parkir yang tidak mengenakan tanda penganal, langsung kita angkut,”tegasnya.
Sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kota Palu hadir dalam rapat tersebut.
Di antaranya Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala, Letkol Kav I Gede Masa yang juga merupakan Wakil Kepala Pengamanan di Kota Palu jelang GMT.
Pengamanan dari pihak kepolisian akan mulai dilakukan pada 27 Februari hingga H-1 pasca GMT, 10 Maret mendatang. Jadwal itu mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Palu yang dijadwalkan mulai 27 Februari sampai 10 Maret. (ndy)

Komentar ditutup