Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Begini Cara Jokowi Bikin Mama-Mama di Papua Barat Senang

0 325

PALU EKSPRES, RAJA AMPAT – Presiden Joko Widodo membuat ratusan mama-mama Papua Barat bersukacita. Untuk kali pertama mereka bisa bersalaman dengan presiden, dan terasa semakin manis karena itu terjadi pada puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 yang dipusatkan di Raja Ampat, Jumat (22/12).

Seperti kebiasaan Jokowi, setiap menghadiri acara pasti memberikan hadiah bagi warga setempat. Biasanya hadiah berupa sepeda, tapi kali ini presiden melalukan hal beda.

Jokowi memborong semua dagangan yang dibawa tiga mama Papua Barat. “Saya minta tiga mama ke sini. Mama yang jual salak ke sini, lainnya siapa lagi. Ayo maju,” ujar Jokowi.

Mama Syani, penjual Salak saat ditanya presiden satu tumpuk buah (Salak) yang dijuarajrl Rp 30 ribu itu berapa kilo, hanya senyum-senyum. Dia mengatakan tidak pakai timbangan dan hanya dikira-kira.

Jokowi bertanya lagi, berapa tumpuk yang dibawa. Oleh Mama Syani dijawab sepuluh tumpuk. “Kalau begitu saya beli semua ya sepuluh tumpuk,” ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan warga dan undangan.

Hal sama diperlakukan Jokowi pada penjual Pinang. Mama Felly membawa pinang 20 tumpuk dan masing-masing dijual Rp 10 ribu. “Kalau saya bawa Pinangnya buat apa?” tanya Jokowi.

Mama Felly menjawab, buat segala obat segala penyakit dan bikin gigi kuat. Mendengar jawaban itu Jokowi menantang Mama Felly. “Benar ini gigi saya bisa awet. Mama jamin?” tanyanya. Mama Felly menjawab, “saya jamin pak.”

Sementara pedagang sagu juga ketiban rezeki. Delapan tumpuk sagu yang masing-masing dijual Rp 20 ribu oleh Jokowi dibeli Rp 40 ribu. “Saya borong sagunya buat saya suruh masak papeda,” ucapnya.

(esy/jpnn)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: