Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

1000 Hektar Ladang Ganja Bakal Disulap Jadi Kebun

0 229

PALU EKSPRES, ACEH BESAR – Seribu hektare lahan ganja bakal disulap menjadi lahan pertanian produktif di Lamteuba, Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

Hal ini sudah diaminkan Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menjelaskan, alih fungsi lahan ini sebagai upaya pemerintah memerangi peredaran narkoba.

Lahan ganja yang dialihfungsikan ini nantinya akan ditanami jagung, cabai dan bawang merah.

“Ini ide luar biasa menjadikan kawasan ganja menjadi kawasan pangan. Kami siapkan lahan 10 ribu hektare. Ini akan terus kami dukung,” kata Amran di bekas lahan ganja di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Nangroe Aceh Darusalam, Kamis (21/12).

Untuk mendukung petani setempat beralih dari menanam ganja ke tanaman produktif, Kementan memberikan alat mesin pertanian.

“Kami siapkan alat mesin pertanian, kami siapkan traktor,” tutur Amran.

Dia menargetkan alihfungsi lahan ganja ini bisa selesai tanaman produktif hingga Juni 2018.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso mengatakan untuk mengatasi peredaran narkoba yang semakin meluas, harus dipelajari dari akar permasalahannya.

“Sekarang permasalahan narkotika di sini (Aceh) yaitu tanaman ganja. Masalahnya itu ada di perut, kesejahteraan. Ini yang akan kami selesaikan akar masalahnya. Petani itu ternyata tidak ada niat untuk menanam ganja. Tapi dia dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok bandar narkoba untuk menanam ganja,” tandas Buwas.

(fajar/jpnn)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: