Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ketua KPU Touna: Kemungkinan Jumlah Kursi Dapil 2 dan 3 Berubah

0 359

PALU EKSPRES, AMPANA – Ketua KPU Kabupaten Tojo Una Una, Amrin Karima, SE menyatakan, bahwa jumlah kursi di dapil 2 dan dapil 3 pada Pemilu 2019 kemungkinan akan berubah.

“Untuk dapil 2 akan bertambah 1 kursi dari 11 kursi akan menjadi 12 kursi, sedangkan dapil 3 dari 7 kursi akan berkurang menjadi 6 kursi. Sementara untuk dapil 1 tidak akan mengalami perubahan,akan tetap menjadi 7 kursi,” kata Ketua KPUD Kabupaten Tojo Una Una saat ditemui Palu Ekspres, Selasa (19/12).

Dia menyebutkan ada tujuh prinsip yang dipedomani dalam penataan dapil, yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, kohesivitas, kesinambungan dan berada pada cakupan wilayah yang sama.

“Meski begitu, KPUD Tojo Una Una memastikan jumlah Dapil untuk Pemilu 2019 tetap 3 Dapil Jumlah Dapil tetap 3 seperti Pemilu 2014. Yang diwacanakan berubah hanya komposisi Dapil dan perubahan alokasi kursi tiap Dapil,” terangnya.

Olehnya, kata dia, sebagai langkah awal terkait wacana tersebut, KPUD Tojo Una Una menggelar Sosialisasi dan Rapat kerja penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 di Hotel Grand Pink, Senin 18/12) kemarin.

“Jadi dalam sosialisasi kemarin kita undang semua Parpol peserta pemilu, Panwaslu, Kesbangpol, LSM, tokoh masyarakat dan insan pers di Kabupaten Tojo Una Una, untuk berduskusi terkait hal tersebut,” ujarnya.

Amrin menambahkan, penataan Dapil dan alokasi kursi juga masih akan menunggu perkembangan jumlah penduduk hingga akhir Desember 2017 ini. Untuk itu, KPUD Tojo Una Una akan menunggu data terbaru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Sesuai tahapan yang telah ditetapkan, penyerahan usulan Dapil dari KPU daerah ke KPu pusat pada 29 Januari hingga 4 Februari 2018. Selanjutnya, dilakukan penataan Dapil mulai 5 Februari hingga 21 Maret 2018 dan penetapan Dapil pada 22 Maret hingga 6 April 2018,” tuturnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: