Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Foto Yang Buat Miss Irak Diancam Dibunuh

0 194

PALU EKSPRES, BAGDAD – Gara-gara selfie bareng Miss Israel, Adar Gandelsman, Miss Irak, Sarah Idan, panen kecaman. Bahkan ada yang sampai mengancam akan membunuhnya.

Swafoto yang menyebar ke seluruh dunia itu diambil saat keduanya mengikuti pra-kontes Miss Universe 2017 di Las Vegas, AS.

”Saya bilang kepadanya (Adar, Red) mari kita berfoto. Jadi orang kita bisa melihat kita tidak punya masalah dan kita sebenarnya duta untuk perdamaian,” kenangnya.

Dalam keterangan foto itu dia menulis, “Peace and Love from Miss Iraq and Miss Israel.” Tetapi, pesan cinta dan perdamaian itu tidak mendapat reaksi yang baik.

Enam hari sebelum kontes berlangsung, organisasi kecantikan Miss Irak memperingatkannya untuk menurunkan foto tersebut atau dia kehilangan gelar Miss Iraq.

Tidak hanya itu, ancaman pembunuhan datang kepadanya bertubi-tubi. Tidak hanya kepadanya, juga kepada keluarganya.

”Ibuku panik, kukatakan padanya untuk keluar dari Irak. Saya meminta maaf kepadanya dan bertanya apakah dia ingin saya meninggalkan kompetisi. Saya siap untuk keluar saat itu juga,” katanya.

Idan mengatakan bahwa dia juga mendapatkan ancaman sebelumnya karena mengenakan bikini di tahapan awal Miss Universe. Tetapi, selfie dengan Miss Israel itu lah yang paling seram ancamannya.

Irak dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik formal, sehingga gambar tersebut menimbulkan kecaman internasional.

”Ketika saya mem-posting foto itu, saya tidak berpikir untuk sesaat akan ada reksi begitu kelam,” kata Idan.

”Ancaman kematian yang saya dapatkan sangat menyeramkan. Organisasi Miss Irak meminta saya mencopot foto itu. Tetapi saya menolaknya.”

Idan memilih mem-posting penjelasan yang menyatakan kalau dia tidak mendukung pemerintah Israel atau kebijakannya di Timur Tengah. Dia juga meminta maaf kepada semua pihak yang menganggap fotonya sebagai serangan terhadap Palestina.

(tia/CNN/JPC)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.