Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ekonomi Sulteng Bertahan di Atas Nasional

0 51

PALU EKSPRES, PALU – Sulawesi Tengah menjadi provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi selama dua tahun terakhir. Tahun 2017, meskipun sempat tertahan pada semester lalu, pertumbuhan ekonomi Sulteng menunjukkan geliat pemulihan sehingga mampu tumbuh diatas pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada triwulan 2017, Sulteng mampu tumbuh 8,68% (yoy), meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya mencapai 6,61% (yoy).

Geliat pemulihan ini sejalan dengan mulai pulihnya ekonomi global yang kemudian memberikan efek pada ekonomi domestic.

Menurut Gubernur Sulteng, membuka pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI), Kamis 14 Desember 2017 di hotel Mercure Palu, capaian tidak terlepas dari upaya semua pihak. Baik pemerintah maupun swasta yang terus berkomitmen untuk membangun Sulteng dari segala aspek.

Selanjutnya kinerja inflasi. Longki menyebutnya uga relative baik dengan tingkat inflasi masih dalam kisaran target yakni 4 ± 1 % (yoy).

‎Sumber pertumbuhan selama dua tahun terakhir kata Longki masih berasal dari sector pertambangan dan turunannya yakni nikel dan gas (LNG).
Namun mayoritas penduduk Sulteng justru masih bekerja di sektror pertanian dan perdagangan.

“Untuk itu pemerintah daerah perlu terus berupaya mengambil langkah strategis seperti mendorong pengembangan agroindustry dan mengembangkan agroindustry dan pengembangan UMKM yang mengolah berbagai hasil dari sector pertanian,”jelasnya.

‎Menurutnya, kualitas pertumbuhan ekonomi Sulteng perlu lebih ditingkatkan. Karena kedepan pemerintah tetap berkomitmen menuju visi pembangunan, Sulteng maju, mandiri dan berdaya saing.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.