Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

LP2M Unisa Seminarkan Penelitian Dosen Pemula

0 101

PALU EKSPRES, PALU – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, menggelar seminar penelitian dosen pemula, di kampus Unisa Palu, Rabu 13 Desember 2017. Dalam seminar tersebut, ditampilkan hasil penelitian dari lima orang dosen yang dianggarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2017.

Ketua LP2M Unisa, Siti Sabaria menjelaskan, penelitian yang dilakukan oleh dosen sangat penting, selain untuk memenuhi tuntutan tri dharma pendidikan, juga sebagai pengembangan kompetensi dosen tersebut.

“Kita sebagai dosen, selain mengajar juga harus meneliti dan mengabdi,” kata Sabaria.

Dalam seminar tersebut, lima dosen yang menampilkan penelitiannya masing-masing dari Fakultas Pertanian 2 orang, Fakultas Agama 1 orang dan Fakultas Ekonomi 2 orang.

“Nanti akan muncul fakultas-fakultas lain, karena mereka termotivasi dengan ini,” imbuh Sabaria.

Ia juga mengungkapkan, Unisa telah diberikan kewenangan oleh Kemenristekdikti untuk dapat menggelar seminar penelitian sendiri, karena telah berstatus penelitian madya dan memiliki reviewer penelitian sendiri. Saat ini, di Unisa Palu sudah ada dua orang reviewer penelitian, yakni Dr. Aris dan Dr. Kasman Jaya.

“Satu kebanggan kami, adalah status penelitian kami sudah madya bukan lagi binaan, kalau binaan masih harus mendatangkan reviewer dari luar. Beruntung kita ini bagi penelitian dosen pemula, kita diberikan kewenangan untuk melakukan seminar penelitian sendiri karena sudah punya reviewer,” ujarnya.

Ke depannya, Sabaria menyebutkan pihaknya akan mengusulkan rekan-rekannya di Unisa yang telah memenuhi syarat, untuk dijadikan review penelitian. Selain itu, juga akan diupayakan adanya reviewer pengabdian.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.