Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Program Budidaya Air Tawar, Pemprov Prioritaskan Kabupaten Sigi

180

PALU EKSPRES, SIGI – Ada kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Sigi karena pada tahun 2018, Pemerintah Provinsi Sulteng akan memprioritaskan kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Irwan Lapatta itu untuk program Budi Daya Air Tawar.

Pertimbangan sehingga Kabupaten Sigi jadi prioritas, karena daerah ini tidak memiliki wilayah laut. Sehingga, untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di daerah itu, perlu ada
intervensi dari Pemerintah Provinsi dengan merancang strategi khusus melalui prioritas anggaran program budidaya ikan air tawar.

Hal itu dikatakan Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada kegiatan Gebyar Gemar Makan Ikan (Gemarin), Senin (11/12/2017), di Lapangan Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.

Gubernur menjelaskan, prioritas anggaran bagi Kabupaten Sigi tersebut, bukan berarti mengurangi anggaran bagi kabupaten lainnya.

“Ini karena Kabupaten Sigi tidak memiliki laut sehingga hanya mengandalkan peningkatan konsumsi ikan melalui budidaya air tawar, sekaligus menindaklanjuti permintaan Bupati Sigi dan
Ketua Forikan Sulteng,” ujar Gubernur.

Pertimbangan lainnya kata Gubernur Longki, adalah agar kebutuhan konsumsi ikan bisa menyentuh masyarakat pedalaman, khususnya di wilayah pegunungan. Sebab selama ini, mereka masih kesulitan untuk mengkonsumsi ikan air tawar. Untuk mendapatkan ikan segar,
harus didatangkan dari Palu dan sekitarnya, sehingga harganya relatif tidak bisa terjangkau bagi masyarakat.\

“Bukan berarti mengecilkan saudara-saudara kami di pedalaman, terutama yang ada di gunung, daya beli mereka relatif cukup rendah,” ungkap Longki.

Longki berharap, melalui strategi khusus tersebut, masyarakat di wilayah Sigi, terutama yang ada di wilayah pedalaman, bisa mengkonsumsi ikan minimal tiga kali sepekan. Sehingga, angka gizi buruk bisa ditekan.

Komentar ditutup