Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kini, Palu Punya Seorang Magister Urban Management Lulusan Universitas Birmingham

643

MOH  Reza Rizqi Pratama, putra dari pasangan Dr Ir Rostiati Dg Rahmatu, MP dan Bapak Dr Ir Muh Nur Sangadji, DEA Dosen Faperta Untad Palu ini, akhirnya berhasil merampungkan pendidikan S2-nya di bidang Urban Management Birmingham University – England.

Laporan Yardin Hasan

Urban Management adalah sebuah cabang ilmu yang secara spesifik mempelajari tentang management perkotaan. Di dalamnya termasuk menciptakan, menemukan cara yang terbaik dalam membentuk lingkungan perkotaan, baik itu dalam bentuk pertamanan, ruang-ruang terbuka seperti lapangan, tempat bermain, dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Bukan hanya dalam bentuk estetika yang begitu erat dengan subjek urban design (rancang kota), manajemen perkotaan juga memiliki fokus untuk mengurangi tingkat kemiskinan.
Dimana, dengan kreativitas dari manajemen perkotaan, kondisi tersebut bisa diminimalisir, dengan membuat inisiatif-inisiatif yang memacu munculnya entrepreneurship (kewirausahaan) dalam lingkungan tersebut.

Reza sesaat usai merayakan selebrasi kelulusannya

Untuk kota-kota yang sedang berkembang di Indonesia seperti Kota Palu, Urban Management menjadi sangat relevan. Membangun sebuah kota tidak bisa parsial. Misalnya, fokus pada penataan kota (estetika) tapi mengabaikan manusianya. Atau gencar mengejar pertumbuhan namun mengabaikan hak-hak warga.

Yang jamak adalah penggusuran selalu dilakukan sebagai modus untuk meloloskan proyek pembangunan. Dalam Urban Management, semua ditangani secara holistik.

Reza yang pernah menjadi juara lomba pidato bahasa Inggris di Bogor ini menyelesaikan S1 Teknik di Unhas. Lalu terbang ke negeri Ratu Elizabet untuk memperdalam ilmunya di bidang management perkotaan.

Komentar ditutup