Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hanya 198 PDAM Yang Berkinerja Sehat

220

PALU EKSPRES, AMPANA – Assisten III Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, Ir. Munawar Mapu, M.Si menyampaikan, berdasarkan hasil survei kinerja Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) pada tahun 2016, dari 371 PDAM, hanya terdapat 198 PDAM yang berkinerja sehat.

Sisanya masih berkinerja kurang sehat/sakit.

“Olehnya, dalam rangka mencapai sasaran RPJMN tercapainya akses air minum 100 persen maka diperlukan PDAM yang sehat sehingga mampu berivestasi dan mengembangkan cakupan pelayanannya,” kata Munawar pada pembukaan Workshop Penyusunan Bisnis Plan dan Rekomendasi Tindak Turun Tangan (RT3) PDAM Kabupaten Tojo Unauna, Selasa (21/11) di ruangan rapat BP4D Tojo Unauna.

Dia mengatakan, dalam upaya peningkatan kinerja PDAM, BPPSPAM, perlu dilakukan penyusunan rekomendasi tindak tangan PDAM dan business plan PDAM. Sebab Business Plan ini disusun mulai dari perumusan visi dan misi perusahaan. Kondisi kinerja SPAM dan aspek legal PDAM meliputi ketersediaan air baku untuk air minum, proyeksi kebutuhan air minum pada PDAM kondisi wilayah dan aspek lainnya.

“Dari data data internal dan eksternal PDAM kemudian dapat di susun menjadi analisa SWOT PDAM dengan adanya analisa SWOT PDAM akan menjelaskan mengenai posisi perusahaan pada saat ini sehingga dapat di susun strategi untuk mencapai visi dan misi PDAM,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, dari strategi langkah berikutnya sudah dapat di susun program dan kegiatan beserta rencana sumber pembiayaan investasi yang di butuhkan, adapun program yang harus disusun haruslah ditajamkan sehingga menghasilkan rekomendasi tindak turun tangan (RT3) PDAM Kabupaten Touna, agar tindak turun tangan yang diberikan dapat berupa bantuan program, bantuan manajemen dan pelatihan kepada PDAM.

“Pentingnya pemenuhan masyarakat terhadap air minum seiring tingginya laju pertumbuhan penduduk baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga (Domestik) maupun untuk kebutuhan industri sesuai dengan tuntutan pemenuhan target MDGS. Untuk itu Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah terus mendorong dan mengevaluasi peningkatan kinerja PDAM setiap tahunnya terutama pada PDAM dengan kondisi kurang sehat dan sakit,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Direktur PDAM Tojo Unauna, Ketua Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum, Kepala Satker PSPAM Sulawesi Tengah, Badan Wilayah Sungai Sulawesi Tengah, Tim Konsultasi PT. Rekadaya Sentra Mandiri, Dewan Pengawas PDAM Tojo Unauna, dan Kepala BP4D Tojo Unauna.(mg3/Palu Ekspres).

Komentar ditutup