Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pekan Depan, Dishub Ujicoba Trayek Angkutan

146

PALUEKSPRES,PE – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu akan kembali menerapkan sistem trayek angkutan umum dalam kota. Senin pekan depan, sistem trayek ini rencananya mulai diuji coba.

Kepala Dishub Palu, Setyo Susanto menjelaskan, jalur trayek yang akan diujicoba ini dilakukan berdasarkan permintaan para supir angkut sendiri. Sebelumnya, sistem trayek sudah pernah diuji coba, namun tidak maksimal. “Sekarang kita uji sesuai trayek yang mereka ajukan. Dulu trayek yang kita ajukan ke sopir tidak berjalan optimal,”jelas Setyo, Rabu (15/11/2017).

Jumlah jalur trayek yang akan diujicoba perdana sebanyak 6 jalur trayek. Trayek 1 Masomba-Mamboro, 2, Manonda-Mamboro, 3, Manonda-Bulili, 4, Kawatuna-Manonda, 5, Manonda-Tipo. Plus 1 jalur trayek angkutan serba guna.

“Trayek angkutan serba guna ini untuk mobilitas dari pasar ke pasar. Namun mengambil ruas jalan- jalan pinggiran,”jelas Setyo. Satu trayek menurutnya berisi paling sedikit 5  sampai 30 unit angkutan. Paling banyak 5 angkutan taxi.

Untuk membedakan trayek, mobil angkutan akan dipasangi kode sesuai trayeknya masing-masing. “Ditambah dengan pembeda berupa pita berwarna di sekeliling taxi,”ujar Setyo.

Sedangkan waktu trayek diberlakukan sejak pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 Wita. Selebihnya angkutan umum dibebaskan beroperasi di luar trayek.

(mdi/Palu Ekspres)

 

Komentar ditutup