oleh

Tidak Perlu Menunggu Tua Untuk Menorehkan Sejarah

PALU EKSPSES,PALU – Di momen hari Pahlawan yang diperingati tiap tanggal 10 November, seluruh generasi bangsa Indonesia dituntut untuk dapat meneladani perjuangan para pahlawan.

Salah satu pahlawan yang perjuangannya dapat dijadikan teladan, menurut Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Sukiman, adalah komposer lagu kebangsaan Indonesia Raya Wage Rudolf Supratman.

Hal yang perlu diteladani dari WR Supratman kata Sukiman, adalah bahwa pahlawan yang wafat pada tahun 1938 tersebut telah mampu mencetak prestasi dan sejarah di usia muda.

“Ini bisa menjadi spirit bersama kita, bahwa untuk berprestasi tinggi dan menorehkan sejarah, tidak perlu menunggu usia tua,” kata Sukiman, pada kegiatan Bimtek Penguatan Pendidikan Karakter bagi Komite Sekolah pada Satuan Pendidikan wilayah Sulteng dan Sultra, di salah satu hotel di Kota Palu, Jumat 10 November 2017.

“Banyak juga tokoh lain saat ini, yang pada usia muda sudah mencatat prestasi besar, ini yang perlu dicontoh,” lanjutnya.

Menurut Sukiman, hal tersebut dapat dicapai melalui penguatan pendidikan karakter, yang pada dasarnya mengandung unsur keteladanan pada lingkungan sekitar.

“Penguatan pendidikan karakter tidak sekadar unsur pengetahuan, tetapi juga unsur keteladanan di lingkungan. Sehingga, dibutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung hal tersebut,” terangnya.

(abr/Palu Ekspres)

News Feed