Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Raih Juara Umum, Jamal Hibatullah Akui Trek Ini Paling Sulit

176

PALU EKSPRES, PALU – Pebalap asal tim KFC Cycling Team, Jamal Hibatullah meraih juara umum Tour de Central Celebes 2017. Jamal berhasil mengumpulkan poin terbanyak dari berbagai katagori, pada 3 etape yang dilombakan.

Ia berhasil mengalahkan Ray Hilman dan Hari Fitrianto, yang secara berurutan berada di posisi 2 dan 3 umum. Atas prestasi ini, Jamal berhak mengantongi hadiah sebesar Rp30 juta.

Sedangkan untuk tim terbaik berhasil diraih oleh tim Go For Gold (GFG) Filipina, mengalahkan Tim KFC Cycling Team di posisi kedua, dan Tim Perusahaan Gas Negara (PGN) di posisi ketiga.

“Terima kasih kepada seluruh tim, yang sudah bekerja keras dan mensuport saya, pada etape pertama hingga etape terakhir ini. Harapannya untuk TdCC tahun depan, ditambah lagi jumlah etape-nya dan lebih meriah, berharap ini masuk katagori UCI agar tim yang bagus-bagus juga ikut berpartisipasi. Dan TdCC tahun depan saya bakal ikut lagi,” kata Jamal, usai menerima penghargaan juara umum.

Ia mengaku, etape tersulit pada TdCC 2017 adalah pada etape pertama, yang menempuh rute Ampana-Tentena sejauh lebih dari 190 kilometer. Selain karena jarak yang cukup jauh, Jamal mengaku cukup kesulitan karena harus menentukan posisi klasemen, baik individu maupun tim.

“Kalau di etape ketiga, kesulitannya hanya di awal-awal tadi, yaitu di tanjakan-tanjakan berjarak sekitar 14 kilometer,” imbuh pebalap yang pernah meraih peringkat 11, pada kejuaraan dunia tingkat junior di Turki.

Pada etape ketiga yang menempuh jarak sekitar 135,3 kilometer, para pebalap berlomba dari Dusun Kayubura Kabupaten Parigi Moutong, kemudian melintasi Kota Palu menuju Kabupaten Sigi, lalu kembali ke Kota Palu untuk berkeliling jalanan Kota Palu sebanyak lima kali, sebelum menyentuh garis finis di depan Kantor Gubernur Sulteng.

Tampil sebagai juara pada etape ketiga, Pebalap asal Filiphina, George Luis Oconor dari tim GFG. Ia mengalahkan kompatriotnya Ronal Hualda, juga dari tim GFG Filipina. Sedangkan yang meraih juara ketiga adalah Abd. Gani dari tim KFC Cycling Team.

Senada dengan Jamal, George juga mengaku akan kembali berpartisipasi pada perhelatan TdCC tahun depan. Ia mengaku merasa senang atas kemenangannya di etape ketiga. Ia juga memuji pemandangan di sepanjang jalan yang dilalui, mulai dari etape pertama hingga etape ketiga.

“Pemandangannya bagus sekali, laut dan gunungnya, jalanannya juga bagus sekali,” kata George dalam bahasa Inggris.

(abr/Palu Ekspres)

Komentar ditutup