Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

KKB Maksimal dengan Peran Masyarakat

204

PALU EKSPRES, PALU – Pencanangan kampung keluarga berencana (KKB) di Kota Palu diharap mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan keluarga berkualitas dengan sumber daya manusia (SDM) mumpuni. Tahun ini KKB di Kota Palu telah dicanangkan untuk delapan kecamatan.

Ini untuk implementasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKBBN). Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Palu, H Farida Ingolo menyebut, sejak dicanangkan, pihaknya telah mengevaluasi sejumlah hal.

Namun secara umum, kegiatan edukasi di KKB sudah mulai berjalan sesuai rencana.
“Kampung KB ini kan adalah wahana edukasi masyarakat. Disana ada program-program lintas dinas yang dilaksanakan,”jelas Farida, Selasa (7/11).

Sejauh ini beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) juga mulai rutin menyelenggarakan sosialisasi-sosialisasi di KKB yang ada.Seperti sosialisasi tentang bahaya narkoba dan isu-isu kesehatan. Untuk memaksimalkan, Farida mengaku memang perlu dukungan masyarakat setempat.

Paling tidak katanya, masyarakat pro aktif berkoordinasi instansi Pemkot Palu dalam mengusulkan pembenahan infrastruktur atau hal terkait lainnya. “Supaya kedepan, dinas menjadi tau kira-kira program kegiatan fisik apa yang harus diprioritaskan dalam satu KKB,”sebutnya. Demikian halnya dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.
Sekiranya harap Farida, OPD juga pro aktif memasukkan program-program terkait dukungan penyelenggaraan KKB. “DPPKB sebatas mencanangkan dan evaluasi. Tidak mungkin semuanya bisa kami tangani,”jelasnya.

Dia menambahkan, tahun 2018 nanti, BKKBN kembali akan mencanangkan pembentukan KKB tingkat kecamatan. Dengan demikian, KKB nantinya terbentuk dua untuk setiap kecamatan. Daerah prioritas pencanangan KKB menurutnya adalah daerah-daerah kumuh dan perbatasan. Dimana masyarakatnya masih kurang peduli akan pentingnya KB.

“Ini sesuai road mape BKKBN untuk mencanangkan KKB diseluruh pelosok Indonesia,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup

%d blogger menyukai ini: