Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jangan Coba-coba Lepas Ternak Saat TdCC!

105

 

PALU EKSPRES, PALU – Peserta event Tour de Central Celebes (TdCC) untuk Etape III rencananya melintasi ke Kota Palu, Rabu 8 November 2017. Berkaitan itu, Walikota Palu Hidayat meminta seluruh pemilik ternak untuk mengandangkan ternaknya pada waktu itu.

Namun secara khusus permintaan ini ditujukan untuk masyarakat dan petrenak di Wilayah Kecamatan Palu Utara dan Tawaeli.

Menurut walikota, dua lokasi itu akan dilalui rombongan peserta TdCC. Mengingat daerah itu berdekatan dengan lokasi finish, maka seluruh peserta akan berpacu dalam kecepatan tinggi.

“Didaerah itu peserta melaju dengan kecepatan tinggi. Jadi harus benar-benar bebas hambatan,”kata Hidayat. Menurutnya, keberadaan ternak yang berkeliaran di jalan sangat berpotensi mengganggu bahkan bisa mencelakai peserta.

“Jadi jangan coba-coba dilepas. Kalau yang membuat celaka orang, maka pemilik ternak itu akan bermasalah hukum,” tekan Hidayat.

Pihaknya kata Hidayat telah mengimbau dan menyosialisasikan event tersebut kepada masyarakat jauh sebelum event berlangsung. Karenanya diapun memerintahkan seluruh pejabat camat dan lurah untuk mengawasi ternak yang masih berkeliaran.

“Karena kalau sampai terjadi kecelakaan, bukan cuma pemilik ternak yang bermasalah. Termasuk camat dan lurahnya juga ikut bermasalah,”sebutnya.

Dia pun berharap event TdCC menjadi moment bagi masyarakat untuk tidak lagi melepasliarkan ternaknya di jalanan. Kesadaran untuk mengandangkan ternak secara baik diharap bisa segera terwujud. “Bukan cuma pada saat TdCC saja. Bukan cuma satu hari, tapi peringatan ini seterusnya,”pungkas Hidayat.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup