Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Masyarakat Belum Optimal Manfatkan Pekarangan Rumah

18

PALU EKSPRES, SIGI – Staf Ahli Ekonomi Pembangunan (Ekbang), Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sulteng, Rusdi B Rioeh menyebut masyarakat belum sepenuhnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-mayur.

Menurutnya, memanfaatkan pekarangan bisa membantu keluarga dalam menekan biaya hidup sehari-hari. Setidaknya bisa mengurangi belanja keperluan dapur. “Jika pekarangan dimanfaatkan dengan baik, uang yang akan dipakai belanja sayur dan rempah-rempah bisa dialihkan ke keperluan sekolah anak-anak,”kata Rusdi saat meninjau lokasi lomba kesatuan gerak PKK-BGRM ke XV dan kesatuan gerak PKK-KKBPK Kesehatan, Jumat 20 Oktober 2017 di Kabupaten Sigi.

Karenanya Rusdi yang mewakili Gubernur Sulteng dalam kesempatan itu mengimbau ibu rumah tangga agar dapat memanfaatkan pekarangannya. Diapun mengapresiasi kegiatan lomba kesatuan gerak PKK-BGRM dan Kestuan gerak PKK- KKBPK. Kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan peran perempuan untuk pembangunan melalui program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Peran aktif PKK dengan partisipasi sampai ke kelompok-kelompok dasa wisma, kata Rusdi, maka lomba ini diharapkan dapat mengurangi jumlah angka kemiskinan.

Karena lokasi kegiatan P2WKSS itu sendiri ditujukan di desa / kelurahan yang rawan sosial ekonomi yang telah ditetapkan oleh bupati atau walikota dimana terdapat masyarakat binaan P2WKSS, BKB, GSI/KSI yang pembinaannya dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan.

Kesatuan gerkan ujarnya akan menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, LSM, dunia usaha dan swasta sesuai dengan nuansa otonomi daerah.

“Karena itu kami berharap pembinaan dapat memacu kinerja para kader dilapangan untuk memberikan motivasi dan penghargaan,”demikian Rusdi.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup