Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Menteri Desa Ungkap Alasan Kenapa TTG Ke-19 Dilaksanankan di Parimo

128

PALU EKSPRES, PARIGI – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Eko Putro Sandjojo dengan resmi membuka gelar teknologi tepat guna (TTG) Tingkat Nasional XIX Tahun 2017 di Lokasi eks sail tomini Dusun Kayu Bura Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Rabu, (27/9).

Peresmian ini ditandai dengan pemukulan Gimba ( gendang) oleh Menteri PDTT yang di dampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Janggola dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu. Menteri PDTT Eko Putro Sandjojo dalam sambutanya pada pembukaan gelar TTG XIX di Parimo mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun ini belum mampu secara optimal oleh masyarakat khususnya di wilayah pedesaan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya ketrampilan dan kemampuan dalam mengelolahnya.

Dengan adanya TTG katanya, merupakan salah satu cara dan pendekatan yang ampuh untuk mendorong percepatan yang mewujudkan kemandirian masyarakat, yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas hasil produksi yang tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diakui Eko, penyelenggaraan TTG di Kabupaten Parimo merupakan ide dari Gubernur Sulawesi Tengah dan Bupati Parimo, karena mengingat lokasi sail tomini yang di bangun dengan anggaran yang cukup besar sehingga harus dimanfaatkan.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian PDTT, Ahmad Erani Yustika dalam laporannya, mengungkapkan penetapan Kabupaten Parimo sebagai tuan rumah TTG Tahun 2017 berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat koordinasi Nasional pada tanggal 8 Oktober 2015 silam di Banda Aceh. Saat itu, dihadiri seluruh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Provinsi dan Kabupaten di Indonesia.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan hasil inovasi TTG anak bangsa yang begitu banyak tersebar di seluruh penjuru tanah air. Selain itu, ajang ini sebagai promosi dan pertukaran Informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah perdesaan.

(mg4/Palu Ekspres)

Komentar ditutup