Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Wawali Puji Pelayanan Haji Satu Atap

332

PALU EKSPRES, PALU – Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said memuji sistem Pendaftaran Haji Satu Atap, yang dicanangkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu. Menurutnya, sistem tersebut akan sangat bermanfaat, bagi masyarakat Muslim Kota Palu yang ingin mendaftar haji. Hal ini disampaikan Sigit, pada kegiatan peluncuran peningkatan Sistem Pendaftaran Haji Satu Atap Kemenag Kota Palu, di halaman Kantor Kemenag Kota Palu, Kamis (28/9).

Melalui sistem Pendaftaran Haji Satu Atap, proses pendaftaran haji oleh masyarakat akan lebih mudah serta efisien, karena tidak lagi membutuhkan waktu berhari-hari. Hal ini menurut Wawali, merupakan pemenuhan kebutuhan masyarakat, dalam menjalankan niat untuk menunaikan ibadah haji.

“Banyak pendaftar yang sangat membutuhkan kemudahan dalam pendaftaran haji. Dengan sistem pendaftaran satu atap ini, maka kebutuhan tersebut telah terjawab,” kata Wawali.

Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Ma’sum Rumi menjelaskan, gagasan program sistem Pendaftaran Haji Satu Atap, muncul berdasarkan identifikasi di lapangan. Di antaranya adanya keluhan dari pendaftar haji, yang dalam prosesnya harus bolak balik dari bank lalu ke bagian Siskohat di Kantor Kemenag, sehingga membutuhkan waktu berhari-hari hingga mendapatkan nomor porsi.

“Tujuannya sebenarnya sangat sederhana, jika sebelumnya bisa dua tiga hari prosesnya, kini semaksimal mungkin kita upayakan, dalam waktu 2 jam sudah selesai pendaftarannya,” jelas Ma’sum.

Hal ini dapat terwujud, karena dalam sistem pendaftaran satu atap tersebut, pihak bank yang bekerja sama dalam pendaftaran haji, telah disediakan tempat oleh Kemenag Kota Palu. Sehingga, bagi masyarakat Kota Palu yang ingin mendaftar haji, hanya perlu datang ke Kantor Kemenag Kota Palu.

Komentar ditutup