Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Peserta TDCC Extra Fligt ke Ampana

161

PALU EKSPRES, PALU – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng telah mempersiapkan sejumlah hal teknis untuk memberi kenyamanan peserta even Tour De Central Celebes (TDCC) menuju pusat pembukaan even, Kabupaten Ampana. Sesuai jadwal acara, seluruh peserta dan rombongan tim rencananya akan diberangkatkan menuju Kabupaten Ampana pada tanggal 3 November 2013 melalui perjalanan udara.

Untuk kepentingan itu Dishub Sulteng telah berkoordinasi dengan pihak maskapai Lion Air sebagai maskapai yang akan digunakan rombongan menuju lokasi star event TDCC. Kepala Dishub Sulteng, Abdul Haris menjelaskan. Pihak lion air telah merespon usulan untuk membuka layanan penerbangan tambahan (extra flight) untuk melayani perjalanan peserta dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menuju bandara Tanjung Api Kabupaten Ampana.

“Kita ajukan khusus untuk peserta. Jadi tanggal 3 itu ada extra flight dari lion air,”kata Abdul Haris, Selasa 19 September 2017. Menurutnya, jumlah orang yang diberangkatkan dalam sehari yakni 3 November nanti sedikitnya diperkirakan sebanyak 144. Sebab satu tim balap terdiri dari 8 orang yang akan termasuk oficial dan tenaga teknis lainnya.

“Pesawat reguler yang ada hari itu harus extra flig dengan kapasitas 72 shet. Kalau dia ekstra flight maka ada 144 kursi yang harus tersedia dari Palu ke Ampana,”jelas Abdul Haris. Selain kesiapan transportasi udara, pihaknya kata Abdul Haris juga telah menyiapkan kebutuhan transportasi darat. Yaitu berupa 15 unit kendaraan roda empat dan enam bis kualitas eksekutif termasuk angkutan jenis truck.

“Satu tim balap kita siapkan satu unit mobil sebagai alat mobilitas mereka selama dalam masa even,”ujarnya. Sementara angkutan truck dipersiapkan khusus untuk mengangkut segala perlengkapan balap peserta dari Kota Palu menuju Kabupaten Ampana. “Intinya soal perhubungan yang kami siapkan itu sudah tidak ada masalah. Semua dalam kondisi siap,”jelasnya.

Sementara untuk lintasan balap, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait pengelola jalan. Haris menjelaskan, Dishub Sulteng telah berkoordinasi dengan balai perhubungan transportasi darat untuk pembersihan rumble trip dan paku jalan yang terdapat didepan Kantor Gubernur Sulteng.

Menurutnya rumble trip dan paku jalan itu untuk sementara akan dihilangkan karena dianggap mengganggu lintasan. “Khusus rumble trip dan paku jalan di depan Kantor Gubernur Sulteng. Karena lokasi itu akan menjadi lokasoi fhinis,”tandasnya.

Untuk diketahui jalur lintasan event TDCC dibagi menjadi empat etape. Etape pertama dari Kabupaten Ampana menuju Poso. Kedua Poso menuju Parigi Maoutong. Kemudian parigi Moutong menuju Kabupaten Sigi Biromaru. Dan etape terakhir Sigi menuju garis finis di Kota Palu, tepatnya didepan kantor Gubernur Sulteng.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup