Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jurnalis Sulteng Dukung Kerukunan Umat Beragama

75

SAMPAIKAN REKOMENDASI: Ketua tim penyusun, Muchlis Sirajuddin (tengah) menyampaikan 11 rekomendasi tentang kerukunan umat beragama dalam acara penutup workshop peran media menjaga kerukunan antar umat beraga yangg diselenggarakan Kanwil Kemenag Sulteng.

PALU,PE- Seluruh Jurnalis se Sulawesi Tengah (Sulteng), baik dari media cetak maupun media elektronik menyatakan kesiapannya membantu pemerintah  mewujudkan kerukunan antar umat beragama di Sulteng.
Kesiapan tersebut dibuktikan dengan menelorkan 11 rekomendasi menjaga kerukunan antar umat beragama di Sulteng dalam penutupan kegiatan Workshop Peran Media Dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama yang diselanggarakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng di Hotel Santika Palu kemarin, Rabu, 28 Oktober 2015.

11 rekomendasi yang ditelorkan perwakilan media cetak dan media elektronik se Sulteng itu berdasarkan hasil diskusi yang diadakan selama kegiatan tersebut berlagsung, yakni mulai hari Senin, 26 hingga kemarin, Rabu, 28 Oktober.

11 rekomendasi tersebut yakni perlunya dukungan seluruh elemen bangsa terutama media massa sebagai pembentuk opini publik, media massa cetak maupun elektronik diharapkan mempunyai program khsus untuk memuat tema-tema kerukunan umat beragama, perlu dilakukan dialog-dialog yang bersifat rutinitas dalam bentuk apapun yang melibatkan komponen pemerintah, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh media massa.

“Empat media massa harus diberi ruang untuk memberikan ruang kontribusi pemikiran positif dalam rangka menciptakan kerukunan setiap saat melalui program kegiatan masing-masing bidangnya untuk memberikan kesejukan bagi setiap masyarakat pengguna media,”kata Ketua Tim Perumus, Muchsin Sirajuddin.
Sirajudin  berharap media bersikap netral dan seimbang dalam setiap pemberitaan tentang kerukunan antar umat beragama dan menjadi motivator dalam mendukung terciptanya kerukunan umat beragama.

“Sembilan, bahwa media massa dan insan pers mendukung usaha Kementerian Agama RI untuk melibatkan media massa dan wartawan agar dapat meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama  dan merekomendasikan  agar kegiatan kerukunan umat beragama dapat ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,”ujarnya.
Para jurnalis se Sulteng pun mengharapkan fasilitasi Kemenag Sulteng untuk membentuk media online damai.
Pada poin terakhir rekomendasi, jurnalis se Sulteng meminta agar pemerintah melibatkan media massa dalam program kerukunan umat beragama.(ndy)

Komentar ditutup