Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Media Ikut Berperan dalam Kerukunan Umat Beragama

168

JAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI, Muhammad Mudhofir membuka Workshop Pemuda Lintas Agama dan Workshop Peran Media Dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Hotel Santika Palu, Senin 26 Oktober 2015.

Workshop Peran Media Menjaga Kerukunan Antar Agama
PALU,PE- Persoalan kerukunan umat beragama bukan lagi persoalan  yang bersifat lokal dan regional, namun telah menjadi persoalan global . Hal ini dapat dilihat dari bermunculannya isu-isu terkait kerukunan umat beragama beberapa tahun terakhir yang menjadi perhatian Dunia Internasional. Persoalan kerukunan umat beragama yang lagi santer-santernya menjadi  bahan pembicaraan di dunia nasional maupun internasional adalah kasus
pembakaran masjid di Kabupaten Tolikara, Papua dan pembakaran gereja di Kabupaten Aceh Singkil. Tak ayal persoalan-persoalan seperti itu memancing kegaduhan antar umat beragama di seluruh Indoesia tak terkecuali di Sulawesi Tengah yang pernah menjadi sorotan dunia internasional karena kasus pembantaian antar umat beragama yang terjadi di Kabupaten Poso beberapa tahun silam.

Olehnya, peran Kantor Wilayah Kementerian Agama yang ada di provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di wilayahnya. Caranya, kebijakan dan program Kementeran Agama (Kemenag) yang kemudian ditindak lanjuti oleh kantor-kantor wilayah di Provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia diarahkan pada kebijakan dan program pengembangan pemahaman agama yang moderat dan menjalin kerjasama antar umat beragama di Seluruh Indonesia dalam kerangka peningkatan kualitas kerukunan umat beragama.

“Secara teknis, Kementerian Agama telah menyelenggarakan berbagai upaya gua mendukung itu smeua melalui, pertama, sosialisasi dan regulasi. Melalui ini diharapkan umat beragama dapat melakukan beragama ekspresi keberagamannya secara bebas tanpa keraguan sedikitpun  namun harus tetap memperhatikan berbagai peraturan dan regulasi yang ada,”jelas Kepala Pusat Kerukunan

Umat Beragama Kementerian Agama RI, Muhammad Mudhofi yang mewakili Menteri Agama RI, Lukman Hakin Syaifuddin membuka Workshop Pemuda Lintas Agama dan Workshop Peran Media Dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama yang digelar Kanwil Kemenag Sulteng, di Santika Hotel, Senin 26 Oktober 2015. Selain mengimbau peran serta media, Muhammad Mudhofi pun mengimbau peran lintas masyarakat dalam menjaga kerukunan beragama.

“Ketiga para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat hingga hingga hari ini adalah mitra pemerintah dalam program yang sama. Sebab mereka merupakan tonggak terdepan dalam setiap langkah dan aktivitas masyarakat , tidak terkecuali terhadap pemeliharaan kerukunan di tanah air,”sebutnya. Dia berharap media dapat menjaga atmosfer kerukunan umat beragama melalui isu-isu pemberitaan yang sejuk dan damai.

“Peningkatan kontribusi media dan insan jurnalis agar memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan segenap eleman masyarakat, menciptakan suasana kondusif dan harmonis dalam masyarakat umat beragama,”harapnya. (ndy)

Komentar ditutup