Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

FKUB Ruang Strategis Merawat Kerukunan

46

PALU EKSPRES, PALU – Keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dinilai dapat menjadi ruang strategis, dalam upaya merawat kerukunan umat bergama, hingga di masa yang akan datang.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, Ma’sum Rumi, pada pertemuan pengurus FKUB Kota Palu, di IAIN Palu, akhir pekan lalu. Hal tersebut kata Ma’sum, dapat dilihat dari beberapa sisi. Yang pertama ialah FKUB berdiri di bawah naungan payung hukum negara, kemudian FKUB mendapat dukungan finansial dan diberi dukungan fasilitas oleh Pemerintah, yang disediakan oleh bidang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Fasilitas yang ada ini, harus dimanfaatkan secara baik, untuk menciptakan dan memelihara kerukunan antarumat beragama,” ujar Ma’sum. Ma’sum menambahkan, daya jangkau FKUB yang didirikan oleh pemerintah di seluruh wilayah Indonesia, menunjukkan peran strategis, dalam membangun masa depan kerukunan umat beragama di negeri ini. Menurut data dari kesbangpol, saat ini telah terdapat 306 FKUB dari 440 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

“Jadi bicara kerukunan antar umat beragama, berarti membahas tentang FKUB, karena menyumbang kekuatan untuk mengatasi persoalan, di hampir seluruh wilayah indonesia,” kata Ma’sum lagi. Selain dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, pertemuan tersebut dihadiri seluruh pengurus FKUB Kota Palu, yang dipimpin langsung Ketua FKUB Kota Palu, Ismail Pangeran.

(abr/Palu Ekspres)

Komentar ditutup